UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Ramalan sebagai wacana kekuasaan dalam Manga Umi Yori Mo Fukaku karya Yoshimura Akemi

Fauziah Puspasari; Bambang Wibawarta, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2008)

 Abstrak

Jepang dikenal sebagai negara maju, terutama dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Namun, sisi irasional yaitu praktik ramalan masih banyak ditemukan. Dalam kesusastraan Jepang, banyak sastra yang menceritakan mengenai praktik ramalan, salah satunya adalah manga Umi yori mo Fukaku karya Yoshimura Akemi. Skripsi ini berfokus pada kemampuan ramalan sebagai wacana kekuasaan dalam mempengaruhi perubahan psikologi tokoh utama dalam manga tersebut.
Teori yang digunakan dalam skripsi ini adalah teori Michel Foucault tentang wacana kekuasaan, menggunakan metode deskriptif analitis dengan pendekatan psikologis. Sumber data adalah serial manga Umi yori mo Fukaku dan untuk menunjang penelitian juga digunakan pengumpulan data dengan angket.
Analisis dari penelitian ini, disimpulkan bahwa : ramalan digunakan sebagai penenang hati dan petunjuk jika sedang kesulitan. Mereka yang percaya terhadap ramalan terpengaruh oleh wacana yang terdapat dalam ramalan, sehingga wacana yang mengandung konstelasi kekuasaan itu akan terinternalisasi ke dalam diri orang yang percaya dan akan menimbulkan efek berupa perubahan hidup terutama dari faktor psikologis mereka. Tokoh utama dalam manga Umi yori mo Fukaku adalah orang yang percaya kepada ramalan, perubahan psikologis yang terjadi pada dirinya salah satunya dipengaruhi oleh ramalan.

Japan is known as developed country, especially in science and technology. However, irrational aspect such as fortune telling practice is still widely found. Many Japan literatures describe fortune telling practice, for instance Umi yori mo Fukaku comic by Yoshimura Akemi. This thesis is focused on fortune telling ability as power discourse to influence psychological changes of main role in that comic.
This thesis is based on Michel Foucault theory about power discourse, the author used analytical descriptive method with psychological approach. Data sources are Umi yori mo Fukaku comics and questioner.
This thesis concluded that a fortune telling is used as heart peace maker and guidance in trouble. They who believed in fortune telling are influenced by the discourse of fortune telling itself. Therefore the discourse containing such power constellation will be internalized to them and will affect to their psychological factor. The main role in Umi yori mo Fukaku is fortune telling believer, one of her psychological changes is influenced by fortune telling.

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : S13637
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2008
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : ix, 89 lembar ; 27 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S13637 14-20-191531198 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 126789
Cover