UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Representasi Cina melalui Q¨ªp¨¢o (Æì ÅÛ), pakaian wanita tradisional Cina

Elsa Silvana Fransisca; Rahadjeng Pulungsari Hadi, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2008)

 Abstrak

Skripsi ini memaparkan tentang pakaian wanita Cina secara umum dan berfokus pada satu pakaian wanita Cina, yakni q¨ªp¨¢o (yang juga dikenal dengan nama cheongsam) secara khusus. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk memaparkan fungsi dan makna q¨ªp¨¢o dan apakah q¨ªp¨¢o dapat menunjukka identitas kecinaan seorang wanita Cina. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptifanalisis dan studi pustaka dengan penggunaan buku-buku referensi maupun artikel dalam jurnal ilmiah. Berdasarkan metode penelitian yang dipakai serta data-data yang didapat, maka dapat disimpulkan bahwa q¨ªp¨¢o atau cheongsam adalah pakaian yang tercipta pada masa masyarakat Cina tradisional yang berkembang dan masih menunjukkan keberadaannya hingga masa modern. Walaupun dalam perkembangannya q¨ªp¨¢o telah menyerap unsur (mode) Barat, q¨ªp¨¢o tetap mempertahankan unsur khas Cina yang dimilikinya. Sehingga dapat dikatakan, q¨ªp¨¢o adalah satu-satunya pakaian wanita tradisional Cina yang tetap ada hingga saat ini, yang tetap dapat merepresentasikan budaya Cina dan identitas kecinaan.

This thesis analyses Chinese women's dress in general and focuses on one Chinese women's dress, Q¨ªp¨¢o (Æì ÅÛ) (which also known as cheongsam) in particular. The objective of this thesis is to explain the function and meaning of q¨ªp¨¢o and also whether q¨ªp¨¢o can show the Chinese identity of a Chinese woman. The method used in this research is the descriptive-analytical method and literature study using references from books, articles, and scientific journals. Based on the analysis, it can be concluded that q¨ªp¨¢o is the dress that was created in China¡¯s traditional era and still exist in the modern time. Even though in its development q¨ªp¨¢o has absorbed Western fashion, q¨ªp¨¢o still retain its signature Chinese elements. In the end, q¨ªp¨¢o is the only Chinese women¡¯s traditional dress that still exists until now while able to represents the Chinese culture and Chinese women's identity.

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : S12942
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2008
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : ix, 61 lembar ; 27 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S12942 14-21-379392143 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 126993
Cover