UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Analisis faktor determinan profitabilitas bank umum di Indonesia pada periode Januari 2002-Desember 2008 dengan pendekatan return on equity

Kartika Rahma Putri; Shalahuddin Haikal, supervisor (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009)

 Abstrak

Aktifitas lembaga keuangan yang ada pada suatu negara dapat menjadi faktor penunjang sektor perekonomian negara tersebut. Salah satu bentuk lembaga keuangan yang telah dikenal adalah bank. Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannnya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup orang banyak. Bank di Indonesia terdiri dari dua jenis, yaitu bank umum dan Bank Perkreditan Rakyat. Sehingga penting untuk mengetahui kinerja suatu bank. Salah satu parameter yang dapat dijadikan acuan dalam mengetahui kinerja suatu bank adalah rasio profitabilitas. Penelitian ini akan mencari faktor-faktor yang mempengaruhi profitabilitas bank umum. Bank yang dijadikan sampel pada penelitian ini adalah bank-bank umum dengan peringkat lima besar aset yang merupakan perusahaan terbuka. Berdasarkan hasil penelitian ini faktor internal yang mempengaruhi profitabilitas adalah CAR, unearning assets dan overhead. Sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi profitabilitas adalah inflasi. Hasil ini pula diharapkan berguna sebagai bahan pertimbangan pengambilan keputusan bank dalam meningkatkan profitabilitas.

Activities of financial institutions in a country can become a factor supporting the country's economy. One type of financial institution that has been known is bank. Bank is the business agency, which collect funds from the public in the form of savings and financing to the public in the form of credit and / or other forms in order to improve the standard of living of the people. Banks in Indonesia consists of two types, namely commercial banks and Bank Rakyat Perkreditan. So it is important to know the performance of a bank. One of the parameters that can be used as reference in a bank to know the performance is the profitability ratio. This study will explore factors that affect the profitability of commercial banks. Bank made a sample on this research are commercial banks with ratings of five major asset which is the company open. Based on the results of this research, internal factors that affect the profitability are CAR, unearning assets and overhead. While the external factors that affect the profitability is inflation. Results of this research are expected to useful as a material consideration in the decision to increase bank profitability.

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : S6585
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xv, 86 lembar : il. ; 30 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S6585 14-19-733366994 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 127008
Cover