UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Pemanfaatan jasa informasi terbaru dan terseleksi di Perpustakaan Badan Koordinasi Survei dan Pemetaaan Nasional (BAKOSURTANAL)

Heni Kholiawati; Siti Sumarningsih, supervisor (Universitas Indonesia, 2009)

 Abstrak

Skripsi ini membahas mengenai pemanfaatan jasa informasi terbaru dan terseleksi di perpustakaan BAKOSURTANAL. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah jasa informasi terbaru dan terseleksi dimanfaatkan pengguna untuk menunjang kegiatan penelitian dan kendala apa yang dihadapi pengguna dalam memanfaatkan jasa tersebut. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif melalui penyebaran kuesioner dalam pengumpulan data. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna yang dikirimkan melalui e-mail. Sampel yang digunakan dengan menggunakan rumus Slovin, dengan teknik pengambilan sampel acak berlapis (stratified random sampling), sehingga sampel yang diambil 93 responden dengan metode penarikan sampel acak berdasarkan masing-masing pusat atau balai. Teknik analisis data melalui beberapa tahap yaitu penyuntingan, pengkodean, penyusunan dan perhitungan data dengan SPSS 17.0. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa jasa informasi terbaru dan terseleksi dimanfaatkan pengguna untuk menambah pengetahuan saja dan kendala yang dihadapi ketika memanfaatkan jasa ini adalah keterbatasan waktu. Saran penelitian ini, yaitu perpustakaan perlu mengembangkan jasa informasi terbaru dan terseleksi dalam forum diskusi ilmiah; perlu adanya evaluasi bidang minat pengguna supaya informasi yang diberikan relevan dan dibutuhkan dengan segera.

The Focus of this study is about the use of current awareness service and selective dissemination information at library BAKOSURTANAL. The purpose of this study is to understand whether the users use the current awareness service and selective dissemination information for research and to understand their difficulties in using theses services. The research method to make this study is a descriptive research with quantitative method by distributing questioner in collecting the data The population in this research is the library user who was sent by e-mail. I used Slovin formula to make the sample by stratified random sampling therefore the sample taken, 93 respondents with stratified random sampling are based on each centers and offices. The techniques of data analyze use three steps which are codifying, compiling, and data counting with SPSS 17.0. By comparing to the result of this research, it is informed that the current awareness service and selective dissemination information are only used to enrich their knowledge and their difficulty is the limit time. The result of this research suggests the library to improve current awareness service and selective dissemination information in a discussion forum; it is important that there is a user?s interest in order to give relevant information and also make the information immediately needed.

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : S15164
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2009
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xv, 109 lembar ; 28 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan FIB UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S15164 14-21-152581670 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 127118
Cover