UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Dukungan suami terhadap kesiapan ibu primigravida menghadapi persalinan di daerah pedesaan di Langsa Nanggroe Aceh Darussalam: Study grounded theory = Husband supports for primigravida readiness in facing childbirth in the rural area of Langsa, Nanggroe Aceh Darussalam: a grounded theory

Keumalahayati; Setyowati, supervisor; Yati Afiyanti, supervisor (Universitas Indonesia, 2008)

 Abstrak

Dukungan suami adalah salah satu faktor yang turut berperan penting dalam menentukan status kesehatan ibu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kerangka konsep tentang pola dukungan yang diberikan suami pada ibu primigravida dalam menghadapi persalinan di daerah pedesaan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan Grounded Theory. Enam orang partisipan dalam penelitian ini didapatkan dengan cara theorical sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan suami terhadap ibu hamil dapat berupa dukungan fisik, dukungan emosional, dukungan finansial. Proses pengambilan keputusan dalam perawatan kehamilan dan persalinan disesuaikan dengan adat budaya Aceh, dan pengaruh budaya masyarakat Aceh menjadi hambatan dalam pengambilan keputusan untuk memberian dukungan terhadap ibu hamil. Penelitian ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk menentukan kebijakan bagi pemerintah dan tokoh masyarakat yang terkait dalam hal adat dan budaya dalam memberikan dukungan terhadap ibu hamil. Perawat yang bekerja dalam area keperawatan maternitas dan penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengantisipasi bentuk-bentuk dukungan suami dan proses pengambilan keputusan serta pengaruh budaya yang dapat mempengaruhi pengambilan keputusan.

Husband support is one of the factors that have a significant contribution in determining mother?s health status. The aim of this research is to develop concept frame about support pattern that is given by husband to his wife who face the delivery process in rural area. This research is a qualitative research with grounded theory approach. Six participants in this research were selected by a theoretical sampling. The result shown that husband?s supports to his wife are physical support, emotional support and financial support. The decision making process in pregnancy care and childbirth based on Aceh cultural, the culture influence becomes an inhibition of decision making in order support pregnant woman. This research provides information to government and community kaders beneficial in determining policy that deal with the culture. It is recommended that maternity nurse and further research could anticipate husband?s support, decision making process, and cultural influence.

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Open
No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2008
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : volume
Deskripsi Fisik : xiii, 101 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-21-141381612 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 127205
Cover