UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Pemanfaatan resensi buku dari media massa dalam pengadaan koleksi: studi kasus di Pusat Data Harian Umum Republika dan Pusat Data dan Informasi Kantor Berita Nasional ANTARA

Yusuf Margono; Indira Irawati, supervisor (Universitas Indonesia, 2009)

 Abstrak

Skripsi ini membahas pemanfaatan rubrik resensi buku yang ada di media massa, terutama surat kabar sebagai alat bantu seleksi untuk pengadaan koleksi di pusat data harian umum Republika dan kantor berita nasional ANTARA. Penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dari hasil penelitian diketahui bahwa kedua perpustakaan memanfaatkan rubrik resensi yang ada di surat kabar sebagai alat bantu dan sumber informasi pemilihan bahan pustaka; surat kabar yang banyak digunakan adalah Kompas dan majalah Tempo; pola pemanfaatan yang dibuat pusat data dan informasi ANTARA dengan pembuatan acuan pemilihan resensi dengan penggunaan kliping koran berupa resensi buku, sedangkan di pusat data HU republika menggunakan pemilihan secara sederhana dengan melihat kesesuaian kebutuhan yang diinginkan.

The Focus of this study discusses the utilization rubric of book review is in the mass media, especially newspapers as a selection aids for acquisitions in the library of Republika and library of National News Agency ANTARA. Research used the qualitative method with case study approach. From the results of the research note that the two libraries using the rubric of book review in the newspaper as selection aids and a source of election information for library materials; newspaper that is widely used Kompas and Tempo magazine, which made the pattern of ANTARA library was making reference to the election review with the use of newspaper clippings as reviewer, while in Library of Republika election simply by looking at the suitability of the desired needs.

 Kata Kunci

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : S15638
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2009
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : ix, 98 lembar ; 28 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan FIB UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S15638 14-21-646573541 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 127302
Cover