UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Perkembangan seni lukis di Amerika Serikat tahun 1900-an - 1960-an

Ayuningtyas; Magdalia Alfian, supervisor (Universitas Indonesia, 2009)

 Abstrak

Skripsi ini membahas perkembangan seni lukis di Amerika Serikat dari tahun 1900-an,yang awalnya mendapat pengaruh dari seni lukis Eropa kemudian terlepas dan menjadi seni lukis Amerika Serikat yang dikenal di dunia Internasional tahun 1950 dan menjadi sebuah seni populer pada tahun 1960-an. Pemilihan dari judul tersebut dengan alasan bahwa seni lukis di Amerika Serikat tidak terlepas dengan keadaan masyarakatnya dan merupakan seni yang sangat digemari oleh generasi muda Amerika selain seni musik yang saat itu mengalami perkembangan. Hal ini terlihat dengan adanya seniman-seniman pada bidang seni lain yang bekerja sama dengan pelukis untuk membuat desain album cover band dengan memakai karya dari pelukis. Selain itu, seniman lain seperti pematung membuat karyanya memakai karakteristik dari seni lukis tersebut.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan perkembangan seni lukis di Amerika Serikat yang menjadi seni lukis moderen khas Amerika sampai dikenal dunia internasional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah dan terdapat empat tahap yaitu heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa seni lukis di Amerika Serikat berkembang sangat dinamis, dari yang awalnya menjalankan tradisi seni Eropa kemudian terpengaruh oleh aliran-aliran seni lukis moderen Eropa dan menjadi seni lukis khas Amerika pada khususnya dan dikenal di dunia internasional pada umumnya. Hal tersebut, diikuti perubahan masyarakat Amerika pada saat itu.

This final paper studies the development of American painting since 1900s, which in the beginning was deeply influenced by European painting, then detached it to be an internationally known new origin of American painting in 1950s, and transformed into popular art in 1960s. This title was chosen because American painting cannot be separated from its society and as an art closed to youth of America as well as music. These can be easily seen by the artists of different field did collaboration with painter to design a record cover. In other occasion, other artists used character from prominent painting on their sculptures.
The purpose of this study is to explain the development of American painting, which was transform into internationally known American modern painting. The method which is used on this research is historical method, and there are four step; heuristic, critic, interpretation, and historiography. From the research, we can see American painting dynamically developed, which in the beginning was deeply influenced by European painting, then be an internationally known original American painting, and theses was related to American society during that time.

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : S12115
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2009
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xii, 87 lembar: ill., : 30 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S12115 14-21-443792259 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 127362
Cover