UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Posisi lidah menurut klasifikasi Wright berdasarkan usia dan jenis kelamin pada pasien gigi tiruan penuh rahang bawah yang datang ke klinik prostodonsia RSGMP FKG-UI periode Januari 2005-Juni 2007

Astri Suryandari; Muslita Indrasari, supervisor; Chaidar Masulili, supervisor (Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, 2007)

 Abstrak

Pada kasus gigi tiruan penuh, salah satu faktor yang mempengaruhi prognosis perawatan adalah retensi dan stabilitas. Dalam hal retensi dan stabilitas gigi tiruan penuh rahang bawah, posisi lidah memiliki peranan penting. Walaupun seseorang memiliki posisi lidah normal sejak lahir, namun kondisi itu dapat berubah dan menghasilkan posisi lidah abnormal (retracted tongue). Penyebab perubahan posisi lidah ini dapat dikaitkan dengan ketinggian dasar mulut. Sehingga diasumsikan bahwa posisi lidah mungkin berkaitan dengan resorpsi tulang alveolar. Resorpsi tersebut dipengaruhi oleh usia dan jenis kelamin. Penelitian ini menggunakan 75 kartu rekam medik pasien gigi tiruan penuh rahang bawah yang datang ke klinik Prostodonsia Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia periode Januari 2005-Juni 2007 yang memenuhi kriteria penelitian. Dengan pendekatan deskriptif, analisis univariat disajikan dalam bentuk distribusi frekuensi variabel usia, jenis kelamin, dan posisi lidah menurut klasifikasi Wright. Sedangkan dengan pendekatan analitik, digunakan analisis bivariat dengan Two-Sample Kolmogorov-Smirnov Test untuk melihat hubungan antara usia dan posisi lidah menurut klasifikasi Wright serta untuk mengetahui perbedaan posisi lidah menurut klasifikasi Wright antara kelompok perempuan dan laki-laki. Nilai p yang diperoleh adalah 1,000 (p>0,05). Kesimpulan: (1) Posisi lidah kelas I merupakan posisi lidah yang paling banyak ditemukan dan yang paling jarang adalah posisi lidah kelas III. (2) Tidak terdapat hubungan antara usia dan posisi lidah menurut klasifikasi Wright. (3) Tidak terdapat perbedaan posisi lidah menurut klasifikasi Wright antara kelompok perempuan dan laki-laki.

 File Digital: 10

Shelf
 R17-PRO-186-Posisi lidah-Abstrak.pdf :: Unduh
 R17-PRO-186-Posisi lidah-Metodologi.pdf :: Unduh
 R17-PRO-186-Posisi lidah-Pendahuluan.pdf :: Unduh
 R17-PRO-186-Posisi lidah-Kesimpulan.pdf :: Unduh
 R17-PRO-186-Posisi lidah-Literatur.pdf :: Unduh
 R17-PRO-186-Posisi lidah-Kerangka konsep.pdf :: Unduh
 R17-PRO-186-Posisi lidah-HA.pdf :: Unduh
 R17-PRO-186-Posisi lidah-Bibliografi.pdf :: Unduh
 R17-PRO-186-Posisi lidah-Analisis.pdf :: Unduh
 R17-PRO-186-Posisi lidah-Lampiran.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, 2007
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : x, 27 lembar; 29 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan Universitas Indonesia
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-21-528064677 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 127521
Cover