Karya akhir ini membahas perumusan strategi rantai pasokan dan perencanaan operasional dari PT. GM yang akan didirikan dalam bisnis distribusi buah-buahan alam Indonesia. PT. GM diharapkan mampu meletakkan landasan strategi rantai pasokan dan juga kemampuan manajerial atas operasi yang lebih optimal pada usaha pengolahan buah-buahan di Jawa Tengah. Penelitian ini akan merumuskan strategi dan desain rantai pasokan yang mengedepankan perspektif lean value stream serta perencanaan atas operasional perusahaan. Perencanaan strategi rantai pasokan dan operasional ini, sebagai bagian dari satu kesatuan dengan perencanaan stratejik serta keuangan, akan membentuk suatu business plan yang akan menjadi panduan dalam membentuk perusahaan baru tersebut.
This thesis will analyze and formulate the supply chain strategy and operational planning of PT. GM, a newly formed company that will enter the business of Indonesian horticulture product distribution. PT GM is expected to serve as the vehicle to lay foundation of good supply chain management and good managerial capabilities over operation within the hortuculture product distribution business in Central Java (Jawa Tengah). This research will formulates the strategy and design of supply chain with lean value stream perspective, and also the operational planning for the new company. The supply chain strategy and operational planning, along with the strategic and financial planning, will be part of a complete business plan that will serve as a guidance to form this new company.