UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Efektivitas proses pelaksanaan bimbingan teknis kurikulum tingkat satuan pendidikan: studi kasus provinsi DI.Yogyakarta

Hani Khotijah Susilowati; Salomo, Roy Valiant, supervisor (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2010)

 Abstrak

Tesis ini membahas tentang efektivitas proses pelaksanaan bimbingan teknis Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di provinsi DI. Yogyakarta, yang telah diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan SMA. Penelitian ini adalah penelitian gabungan antara kuantitatif dan kualitatif dengan desain deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas proses pelaksanaan bimtek KTSP meliputi variabel materi, fasilitator, sarana prasarana, metode penyajian dan manajemen cukup efektif. Bimtek KTSP yang diselenggarakan juga menambah pengetahuan/keterampilan peserta dalam Penyusunan dan Pengembangan KTSP, Penyiapan Perangkat dan Pelaksanaan Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik, serta Penyusunan Program Pengembangan Diri dan Layanan Akademis. Perlu pengkajian kembali oleh Direktorat Pembinaan SMA terhadap alokasi waktu per materi, pembagian waktu antara teori dan praktek, penetapan kriteria fasilitator dan lama pelaksanaan pada pelaksanaan Bimtek KTSP tersebut.

This thesis discussed about the effectiveness in technical guidance implementation process of Education Curriculum Unit in Yogyakarta, that was held by Direktorat Pembinaan SMA. This research was the mixed methods between quantitative and qualitative method and the descriptive design.
Results of the research showed that the effectiveness in technical guidance implementation process of Education Curriculum Unit covered the material variable, the facilitator, infrastructure means, the presentation method, and the management are effective. The technical guidance of Education Curriculum Unit that was held increased knowledge/participants's skills in the compilation and the development of Education Curriculum Unit, preparing of equipment and the implementation of the assessment of study results of student, as well as the compilation of the development program himself and the academic service. Service investigation came back by Direktorat Pembinaan SMA towards the allocation of time each material, the distribution of time between the theory and the practice, the determination of the facilitator's criterion and for a long time the technical guidance can do.

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Open
No. Panggil : T26799
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2010
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiii, 103 lembar; il., 29 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T26799 15-21-106613453 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 129261
Cover