Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komitmen organisasi dan kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan sebagai variabel dependen baik secara simultan maupun secara parsial. Obyek penelitian ini adalah karyawan pada Kantor PT. Bank Muamalat Indonesia (BMI) Cabang Kalimalang. Jenis penelitian deskriptif kausal, yaitu menguraikan sifat atau karakter dari satu fenomena tertentu serta menganalisis hubungan-hubungan suatu variabel dengan variabel lainnya atau bagaimana variabel-variabel itu mempengaruhi variabel lainnya. Teknik pengambilan sample dengan random sampling yang selanjutnya dikelompokkan dalam beberapa kluster. Jumlah populasi 140 karyawan dan jumlah sample yang diambil sebanyak 63 karyawan. Alat analisis data dengan regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan secara simultan variabel-variabel dependen (komitmen organisasi dan kecerdasan emosional) mempengaruhi kineija karyawan. Secara parsial, komitmen organisasi dan kecerdasan emosional signifikan mempengaruhi kinerja.
Diperlukan adanya perubahan strategi yang lebih sesuai terhadap pengelolaan komitmen organisasi perusahaan yang aktual untuk menghasilkan kineija yang lebih tinggi sehingga tujuan perusahaan akan tercapai. Menginformasikan dan menerapkan tujuan serta misi perusahaan secara jelas sehingga setiap anggota perusahaan dapat memahaminya melalui pendekatan-pendekatan sosialisasi yang telah diterapkan perusahaan.
The aim of this research is knowing the impact of the organization commitment and emotional intelligence to the performance of the employees as a dependent variable both simultaneously and partially. The research took object on the employees at the Office of PT. Bank Muamalat Indonesia (BMI). Method used in this research is casual descriptive, which insisted to elaborate the characteristic of one phenomenon and to analize the connections between variables or the effect of one variable to another variables. The random sampling method is used in this research, which is each sample divided into different clusters. The population is consist of 14 employees, while the sample taken is consist of 63 employees.The result of this reseach shows how dependent variables affect the employes performance simultaneously it also shows that both organization commitment and emotional intelligence affect the performance of the employees significantly.The company needs to change its strategi to suit the actual management of corporate organization commitment in order to promote higer performances, so that the targets of the company could reached.The clear information and application of the targets and missions of the company is vital in order to make sure that every member of the company understand it by ther methods of socialization the company applies.