UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Peluang Kesediaan Karyawan untuk dipungut Zakat Profesi dengan Metode Withholding dan faktor-faktor yang mempengaruhinya (Penelitian Terhadap Karyawan Swasta di Jakarta) = Probability of Employees’ Willingness upon Collection of Professional Zakah under Withholding Method and the Influencing Factors (Research to Employees of Private Sectors in Jakarta)

Karsino; Agustianto, supervisor; Benri Sjah, examiner (Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2009)

 Abstrak

Tesis ini membahas tentang peluang kesediaan karyawan untuk dipungut zakat profesi dengan metode withholding (pemotongan gaji) dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Kesediaan karyawan untuk dipungut zakat profesi dengan metode withholding diduga dipengaruhi oleh empat variabel, yaitu; pengetahuan karyawan mengenai zakat, budaya bersedekah pada diri karyawan dan lingkungannya, promosi Badan Amil Zakat (BAZ)ZLembaga Amil Zakat (LAZ) yang didapatkan karyawan dan pemahaman karyawan mengenai regulasi zakat dan pajak. Penelitian ini dilakukan terhadap 299 responden, yang merupakan karyawan perusahaan swasta di Jakarta yang diambil secara acak. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi model binary logit. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa peluang kesediaan karyawan untuk dipungut zakat profesi dengan metode withholding adalah 63,20%. Apabila keempat variabel pengaruh di atas bernilai rendah, peluang kesediaan karyawan untuk dipungut zakat profesi dengan metode withholding adalah 21,26%. Penelitian ini juga menyimpulkan bahwa pengetahuan karyawan mengenai zakat, budaya bersedekah pada diri karyawan dan lingkungannya, promosi dari BAZ/LAZ yang didapatkan karyawan dan pemahaman karyawan mengenai regulasi zakat dan pajak berpengaruh positif terhadap peluang kesediaan karyawan untuk dipungut zakat profesi dengan metode withholding.

This thesis discussed about the probability of employees’ willingness upon collection of professional zakah under withholding method (salary deduction) and the influencing factors. The willingness of employees upon the collection under withholding method was predicted to be influenced by four variables, namely the employees’ knowledge of zakah, charity tradition within the employees and their environment, promotion of Badan Amil Zakat (BAZ)/Lembaga Amil Zakat (LAZ) received by the employees and the employees’ understanding of regulations conceming zakah and tax. This research was conducted to 299 respondents, which were the employees of private companies in Jakarta randomly. The analysis of data in the research used the logit binary regresion model. The reseach result concluded that the probability of the employees’ willingness upon the collection of professional zakah under withholding method was 63,20%. If the four variables were in low value, the probability would be 21,26%. This research also concluded that the the employees’ knowledge of zakah, charity tradition within the employees and their environment, promotion of BAZ/LAZ received by the employees and the employees’ understanding regulation conceming zakah and tax brought positive impacts to the probability of employees’ willingness upon the collection of professional zakat under withholding method.

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Open
No. Panggil : T26847
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Penerbitan : Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2009
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xvii, 96 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T26847 15-23-56552623 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 129422
Cover