UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Analisis pengaruh perbedaan laba akuntansi dan laba fiskal terhadap persistensi laba akrual, arus kas dan manajemen laba = Analysis of the effect of Book-Tax difference on earnings persistence, accruals, cash flows, and earnings management

Hutapea, Della Christin; Siregar, Sylvia Veronica Nalurita Purnama, supervisor; Dwi Martani, supervisor; Irwan Adi Ekaputra, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh perbedaan laba akuntansi dan laba fiskal terhadap persistensi laba, akrual, dan arus kas. Penelitian ini juga menguji peranan perbedaan laba akuntansi dan fiskal dalam mendeteksi probabilitas perusahaan melakukan manajemen laba untuk menghindari kerugian. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 116 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan periode tahun 2005 sampai dengan tahun 2007. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dan regresi logit.
Hasil pengujian dalam penelitian ini menunjukkan perusahaan dengan perbedaan laba akuntansi dan laba fiskai yang besar positif memiliki Iaba akuntansi sebelum pajak dan Iaba komponen akrual knrang persisten dibandingkan perusahaan yang mempunyai perbedaan laba akuntansi dan laba fiskal yang kecil. Namun dalam penelitian ini tidak berhasil membuktikan secara statistik bahwa beban pajak tangguhan dapat digunakan untuk mendeteksi probabilitas perusahaan melakukan manajemen laba untuk menghindari kerugian.

This research aims to examine the role of book-tax difference in indicating the persistence of earnings, accruals, and cash flows. This study also examines the role of book-tax difference which is represented by dejiƩred tax erpense income) to detect the probability of earning management practices to avoid losses. The sample of this research is 116 manufacturing companies listed in Indonesian Stock Exchange within the period of 2005 - 2007. Analytical methods used in this research are multivariable regression and logistic regression.
The results of this research show that firm-year with large positive book-tax difference has pre-tax earnings and accruals components of earnings which is less persistent than firm-year with small book-tax dtference. However, this research could not find the statistical evidence that deferred tar expenses can be used to detect probability of earning management practices to avoid losses.

 File Digital: 1

 Kata Kunci

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Open
No. Panggil : T27020
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xii, 84 pages : illustration ; 30 cm. + Appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T27020 15-19-226546596 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 129903
Cover