UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Penyusunan rancangan anggaran biaya (RAB) untuk pembangunan pabrik kelapa sawit (PKS) kapasitas 45 ton tbs/jam

Harahap, Bona Doly N. ; Harahap, Muslim Efendi, supervisor; Sofjan Assauri, examiner; Mohammad Hamsal, examiner (Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009)

 Abstrak

Tesis ini membahas proses penyusunan Rancangan Anggaran Biaya (RAB) oleh PTP Nusantara III (PTPN3) untuk pembangunan pabrik kelapa sawit dengan kapasitas 45 ton TBS/jam di Kawasan Industri Sei Mangkei, Sumatera Utara. Dalam penyusunan RAB ini sebelumnya dilakukan suatu studi kelayakan (Feasibility Study) dan telah melakukan desain engineering, sehingga telah diketahui bahan material dan peralatan apa saja yang dibutuhkan untuk membangun pabrik kelapa sawit tersebut. Dengan begitu memudahkan dalam penyusunan RAB dengan mencari harga dari vendor-vendor yang sudah memiliki lisensi dan kerjasama sebelumnya dengan PTPN3. Setelah penyusunan RAB ini selesai, masih harus disesuaikan lagi dengan kondisi keuangan perusahaan dalam hal ini PTPN3, untuk membantu manajemen perusahaan meyakinkan para shareholder untuk menanamkan modalnya di PTPN3. Untuk pengukuran kemampuan perusahaan terhadap RAB tersebut menggunakan IRR, NVP, PBP (Payback Period).

The thesis proposes to describe codification of Master Budgeting of PTP Nusantara III (PTPN3) process for Oil Palm Factory Development with 45 tons TBS/hours capacity in Sei Mangkei Trading Estate, North Sumatera. The Feasibility Study and engineering design to figure out material and equipment required for the oil palm factory development has been completed ahead before Master Cost Budgeting process. Hereinafter the Master Cost Budgeting process more simple, it will complete by having the prices from vendors that has license and has been work together with PTPN3 before. If this RAB completed, it still need adjusted with present PTPN3 financial condition, assist management to ensure company?s stake holder to invest at PTPN3 project.

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Open
No. Panggil : T27281
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xii, 107 pages : illustration ; 30 cm. + Appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T27281 15-19-933101302 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 130666
Cover