UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Peran program manajemen sumberdaya manusia untuk mengurangi tingkat ketidak hadiran karyawan agar sasaran produktivitas pt x tercapai

M. Iman Djumaedi; Yanki Hartijasti, supervisor; Harahap, Muslim Efendi, examiner; Jimmy Sadeli, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009)

 Abstrak

ABSTRAK
Tingkat produktivitas di suatu perusahaan manufaktur sangat penting dalam menunjang kemampuan untuk bersaing. PT X mempunyai masalah karena sasaran produktivitas tahunan tidak selalu tercapai. Karya akhir ini bertujuan untuk menganalisis penyebab tidak tercapainya sasaran produktivitas di tiga departemen produksi, yakni Auto Mounting, Auto Insert dan Assembling, dan mengusulkan program sumberdaya manusia yang tepat untuk mengatasinya. Analisis dilakukan menggunakan data yang didapat selain dari data sekunder juga dari pengamatan di lapangan dan focus group discussion. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penyebab utama tidak tercapainya sasaran produktivitas di departemen Assembling adalah tingkat ketidakhadiran yang tinggi. Untuk mengatasinya, diusulkan untuk meningkatkan peran manajer dan supervisor, memberikan insentif uang, memperbaiki sistim manajemen kinerja dan meningkatkan komunikasi.

ABSTRACT
Productivity is one of the key factors affecting the competitiveness of a company. The problem with PT X is the inability to always meet annual productivity targets. The purpose of the thesis is to analyze the reasons of not meeting productivity targets at three production departments, i.e., Auto Mounting, Auto Insert and Assembling, and propose the right human resources management program to overcome it. Analysis is based on data collected from secondary data, observations and focus group discussions. The results show that the reasons for not meeting productivity targets at Assembling department is due to the high absenteeism rate. To reduce the absenteeism rate, it is proposed to increase the role of managers and supervisors, introduce a financial incentive scheme, modify the performance management system, and improve the communication between management and workers.

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Open
No. Panggil : T27306
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 74 pages : illustration ; 30 cm. + Appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T27306 15-19-348037888 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 130672
Cover