Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisa upaya pengumpulan pajak reklame papan, billboard dan megatron di Kota Depok selain itu juga untuk menganalisa perkembangan pajak dan kapasitas pajak reklame papan, billboard dan megatron. Penelitian ini hendak menjawab pertanyaan bagaimana upaya pengumpulan pajak yang dilakukan Pemerintah Kota Depok dan kapasitas pajak reklame, serta berapa perkembangan penerimaan, upaya pengumpulan, dan kapasitas pajak reklame. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif untuk menganalisa upaya pengumpulan pajak dan pendekatan kuantitatif untuk menghitung perkembangan penerimaan, kapasitas dan upaya pengumpulan pajak. Hasil analisa yaitu bahwa upaya pengumpulan pajak reklame sudah baik dibandingkan kota pembanding, yaitu Kota Bogor dan Kabupaten Bogor, meski terdapat beberapa faktor penghambat.
The focus of this study is to analyse advertising tax in the form of board, billboard and megatron tax effort in Kota Depok, besides to analyse the progress revenue from advertising tax and the capacity of advertising tax. This study is intended to answer questions such as how is advertising tax effort, how the capacity dan the progress of the revenue from advertising tax. By using qualitative method to analyse the tax effort and quantitative to analyse progress of the revenue, capacity and tax effort. This study finds that advertising tax tax effort in Kota Depok is better than Kota Bogor and Kabupaten Bogor, eventhough there are few weaknesses.