UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Perhitungan adle capacity menggunakan gam-I capacity model dalam rangka efisiensi biaya pada pt bumi Tanggerang coklat utama

Muammar Aditya; (Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2010)

 Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis biaya kapasitas yang terdapat di dalam mesin-mesin produksi perusahaan dan tenaga kerja yang mengoperasionalkan mesin-mesin produksi tersebut dengan menggunakan CAM-I capacity model. CAM-I capacity model merupakan pendekatan yang fokus terhadap bagaimana mengelola kapasitas yang dimiliki. Penelitian ini dilakukan di PT Bumi Tangerang Coklat Utama dengan fokus terhadap kegiatan produksi yang menggunakan mesin mixer kecil, mesin extruder, mesin oven drying, mesin enrober, mesin pan coating yang terdiri dari mesin pan coating dingin dan mesin pan coating panas, dan mesin packing yang terdiri dari mesin packing vertical dan mesin packing horizontal serta tenaga kerja yang mengoperasionalkan mesinmesin tersebut. Penelitian ini difokuskan kepada rate capacity, productive capacity, idle capacity, dan nonproductive capacity untuk mengukur biaya kapasitas.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sebagian besar kapasitas yang dimiliki baik mesin produksi maupun tenaga kerja tidak digunakan secara maksimal. Untuk mengurangi biaya kapasitas yang ada di mesin produksi dan tenaga kerja diperlukan untuk meningkatkan penjualan produk perusahaan namun jika hal tersebut tidak tercapai perlu adanya efisiensi dari mesin produksi dan tenaga kerja dengan cara melakukan pengurangan mesin produksi dan tenaga kerja.

Aim for this research are to analyze capacity cost which incure from company production machines and human resources whose operate the production machine using CAM-I capacity model. CAM-I capacity model is an approach which focus upon how to manage company resources. This research initiated at PT Bumi Tangerang Coklat Utama which focus to production activity that used small mixer machine, extruder machine, oven drying machine, enrober machine, pan coting machine which consist of hot and cold pan coating machine, and packing machine which consist of vertical packing machine and horizontal packing machine as well as human resources that operates those machine. This research focus on rate capacity, productive capacity, idle capacity, and nonproductive capacity to measure capacity cost.
Result of this research shows most of the capacity owned by either by production machine or human resources are not utilized to its maximum potential. There are need to reduce capacity cost owned by production machine and human resoures to increase the product sales but if its unachieveable there will be need to increase efficiency from production machine and human resources by reducing their quantity.

 Kata Kunci

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Open
No. Panggil : T27779
Entri utama-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2010
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xv, 83 pages : illustration ; 30 cm. + Appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T27779 15-19-624263634 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 132561
Cover