Perusahaan membutuhkan suatu bentuk pengukuran kinerja dimana bentuk pengukuran ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi. Pengukuran kinerja merupakan salah satu elemen penting dari aktifitas manajerial dan pemilihan system pengukuran kinerja menjadi hal penting untuk mencapai target strategis perusahaan. Salah satu pengukuran kinerja yang baik adalah dapat menunjukkan apakah kinerja perusahaan selama ini mendukung upaya-upaya perwujudan visi, misi dan strategi perusahaan.
Metode Balance Scorecard, suatu system pengukuran kinerja yang mengintegrasikan pengukuran keuangan dan pengukuran operasional, dinilai memenuhi criteria tersebut dan sesuai untuk diterapkan di Instalasi Manajemen Informasi Kesehatan RS Persahabatan. Lebih lanjut lagi RS Persahabatan yang bergerak dibidang jasa pelayanan kesehatan memiliki konsekuensi bersaing dalam lingkungan bisnis yang bergerak dinamis. Ukuran hasil (lag indicator) dan ukuran pendorong kinerja (lead indicator) sangatlah penting dalam upaya perusahaan mencapai sasaran-sasaran strategis sehingga lebih terukur.
Hasil penelitian ini berupa rancangan Balance Scorecard perusahaan dengan memperoleh inisiatif-inisiatif strategis yang memungkinkan dilakukan oleh perusahaan. Rancangan scorecard yang dihasilkan terdiri dari dua sasaran strategis dalam perspektif keuangan, empat sasaran strategis dalam perspektif pelanggan, tiga sasaran strategis dalam perspektif proses bisnis internal, dan tiga sasaran strategis dalam perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Untuk mencapai sasaran strategis perusahaan diperoleh satu inisiatif strategis dalam perspektif keuangan, lima inisiatif strategis dalam perspektif pelanggan, tiga inisiatif strategis pada perspektif proses bisnis internal dan empat inisiatif strategis pada perspektif pembelajaran dan pertumbuhan.
Company requires a form measurement of performance where this measurement form aims to improve the effectiveness and efficiency. Measurement of performance is one of the important elements from activities managerial and election system measurement of performance becomes the important matter to reach the strategic goals of company. One of the measurements of good performance is earning to show what company performance is during the time has support to efforts materialization of vision, mission and company strategy.
Balance Scorecard Method, a system measurement of the performance integrate measurement of finance and measurement of operational, assessed fulfill criteria and according to be applied in Instalasi Manajemen Informasi Kesehatan RS Persahabatan. Furthermore again RS Persahabatan the health service area have the consequence compete in dynamic business environment. Measure of result of (lag indicator) and measure drive of performance (lead indicator) of vital importance in the effort tired company of strategic targets so that more measured.
This Research results in the form of device Balance Scorecard Company by obtaining the strategic initiatives which is conducive to be done by company. Device scorecard yielded consist of two strategic target in perspective of finance, four strategic target in perspective of customer, three strategic target in perspective of internal business process, and three strategic target in perspective of learning and growth. To reach the strategic target of company obtained one strategic initiative in perspective of finance, five strategic initiative in perspective of customer, three strategic initiatives at in perspective of internal business process and four strategic initiative at in perspective of learning and growth.