UI - Tesis Membership :: Back

UI - Tesis Membership :: Back

Analisa dinamis pada desain sepeda lipat

Rivanol Chadry; Gandjar Kiswanto, supervisor; Hendri Dwi Saptioratri Budiono, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007)

 Abstract

Sepeda lipat merupakan sarana transportasi alternatife yang mudah dibawa-bawa dan disimpan dengan volume ruang yang kecil. Dengan kondisi tersebut diperlukan penelitian dalam pengembangan sepeda lipat guna mendapatkan sepeda lipat yang handal, kuat, ringan dan efisien. Pengembangan dan penelitian yang dilakukan meliputi analisa perhitungan kekuatan sepeda lipat dengan mempertimbangkan kondisi dinamis yang ekstrem pada saat bersepeda.
Perhitungan kekuatan terhadap sepeda lipat dengan melakukan pemodelan matematis pada jalan berlubang akan menghasilkan efek gaya maksimum terhadap konstruksi sepeda lipat.
Pengujian pada awal desain menggunakan software MSC. Visual Nastran dengan pemodelan sepeda lipat yang bergerak pada kondisi jalan jumping dan bergelombang. Pengujian menghasilkan grafik perubahan tegangan, regangan dan defleksi selama pergerakan sepeda lipat pada kedua kondisi pemodelan tersebut.
Berdasarkan grafik yang dihasilkan dengan menggunakan bahan AISI 1020 pada bahan konstruksi rangka sepeda, tegangan maksimum ( s) yang terjadi adalah 18.6 N/mm² dan faktor redaman ( x ) adalah 0.15915.
Dengan pertimbangan analisa kekuatan dan pengujian dinamis pada konsep awal desain, diharapkan ketika mengimplementasikan pada sepeda lipat yang sebenarnya akan disesuaikan dengan tujuan yang diharapkan yaitu kuat dan ringan.

Folding Bike is represent the alternative transportation in easy to portable and easy to kept with the small room volume. With the condition needed by new research design in folding bike development to utilize to get the folding bike reliable, strong, efficient and light. Development and research conducted cover the analysis calculation strength of folding bike by considering dynamic condition which exstrem at the time of cycling.
The strength calculation to folding bike by modelling mathematical at holey road street will yield the maximum style effect to construction folding bike.
Examination in the early design to use the software MSC. Visual Nastran by modelling is folding bike which is the move at condition of street are jumping and surging. Examination yield the graph of tension change, strain and deflection of during folding bike movement fold at both the condition modelling. Pursuant to result are graph yield by using materials AISI 1020 at construction materials the folding bike, maximum tension (s) that happened is 18.6 N / mm² and damping factor ( x ) is 0.15915.
With the consideration analyses strength and the dynamic examination at concept of early design, expected when implementation at folding bike which in fact will be adapted by a target expected that is strength and light.

 Digital Files: 9

Shelf
 T 23360 Analisa dinamis-Analisis.pdf :: Download
 T 23360 Analisa dinamis-HA.pdf :: Download
 T 23360 Analisa dinamis-Metodologi.pdf :: Download
 T 23360 Analisa dinamis-Literatur.pdf :: Download
 T 23360 Analisa dinamis-Pendahuluan.pdf :: Download
 T 23360 Analisa dinamis-Abstrak.pdf :: Download
 T 23360 Analisa dinamis Bibliografi.pdf :: Download
 T 23360 Analisa dinamis-Kesimpulan.pdf :: Download
 T 23360 Analisa dinamis Lampiran.pdf :: Download

LOGIN required

 Metadata

Collection Type : UI - Tesis Membership
Call Number : T23360
Main entry-Personal name :
Additional entry-Personal name :
Study Program :
Subject :
Publishing : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007
Cataloguing Source LibUI ind rda
Content Type text
Media Type unmediated ; computer
Carrier Type volume ; online resource
Physical Description xiv, 62 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Concise Text
Holding Institution Universitas Indonesia
Location Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Availability
  • Review
  • Cover
Call Number Barcode Number Availability
T23360 15-19-365565500 TERSEDIA
Review:
No review available for this collection: 135629
Cover