UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Pengelolaan kas daerah untuk mendukung peningkatan pendapatan asli daerah pada pemerintah Kabupaten Pekalongan

Arif Subekti; Sartika Djamaluddin, supervisor; Iman Rozani, examiner; Sri Mulyono, examiner (Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2010)

 Abstrak

Tesis ini membahas pengelolaan kas daerah sebagai bagian dari sistem manajemen keuangan daerah yang merupakan salah satu aspek penting yang harus dibangun pemerintah daerah untuk mengoptimalkan penerimaan daerahnya. Oleh karena itu penting bagi pemerintah daerah untuk mengetahui pola penerimaan dan pengeluaran daerahnya agar dapat disusun anggaran kas yang optimal. Kabupaten Pekalongan selama ini belum menggunakan metode yang baik dalam menyusun anggaran kasnya. Untuk itu melalui penelitian ini diharapkan adanya perbaikan dalam pengelolaan kas.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang dilakukan untuk mengetahui pola penerimaan dan pengeluaran daerah dan prediksi di tahuntahun berikutnya. Metode yang digunakan adalah metode time series,dengan menggunakan data realisasi APBD Kabupaten Pekalongan dari tahun 2001 hingga 2009. Untuk data histori bulanan menggunakan realisasi bulanan APBD dari tahun 2006 hingga 2009.
Hasil penelitian menemukan bahwa masing-masing komponen anggaran kas memiliki indeks musiman yang berbeda-beda, dan prediksi penerimaan dan pengeluaran ditahun-tahun berikutnya yaitu tahun 2010 dan 2011 akan meningkat. Dari hasil proyeksi anggaran kas diketahui bahwa likuiditas kas daerah Kabupaten Pekalongan secara bulanan selalu mencukupi untuk membiayai seluruh pengeluaran daerah, bahkan di tiga bulan awal. Yaitu januari, februari dan maret, Kabupaten Pekalongan memiliki likuditas keuangan yang sangat tinggi yang mengakibatkan kas menganggur (idle cash) yang berlebih. untuk itu pada bulan bulan tersebut Pemerintah Kabupaten Pekalongan dapat menempatkan dananya dalam bentuk portofolio investasi jangka pendek yang memberikan return atau bunga yang lebih tinggi, seperti deposito satu bulan atau tiga bulan. Dengan aktivitas ini akan menambah pendapatan bunga deposito yang diterima pemerintah Kabupaten Pekalongan dan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Pekalongan, dikarenakan pendapatan bunga deposito adalah bagian dari Lain-lain Pendapatan Asli Daerah yang sah yang merupakan pula bagian dari Pendapatan Asli Daerah. Sehingga dapat dikatakan bahwa dengan pengelolaan kas daerah yang lebih optimal akan memberi dukungan pada peningkatan pendapatan asli daerah.

This thesis discusses the local goverments cash management as part of local financial management system which is one important aspect that must be built of local governments to optimize the regional government revenues. It is therefore important for local governments to determine the pattern of revenues and expenditures of the region can be arranged for optimal cash budget. Pekalongan District has not used a good method in compiling its cash budget. For that through this research are expected improvement in cash management. The study was a quantitative study conducted to determine the pattern of revenues and expenditures of local government and predictions in the following years.
The method used is the method of time series, by using actual data from the Pekalongan District Budgets 2001 to 2009. For historical data monthly using monthly actual budget from 2006 to 2009.
The results found that each component has an seasonal index cash budget is different, and forecast revenues and expenditures in the following years of 2010 and 2011 will increase. From the results of the prediction cash budget in mind that cash liquidity on a monthly basis Pekalongan regency always sufficient to finance all spending, even in the three months early. January, February and March, Regency Pekalongan have a very high financial liquidity that resulted in idle cash is excessive. for that month in Pekalongan regency government to put funds in short-term investment portfolio returns or a higher interest, such as deposits of one month or three months. With this activity will increase deposit interest income received by the Government of Regency Pekalongan and improve the own source revenues Pekalongan district, due to interest income on deposits is part of the Other legitimate source revenue, which is also part of the own source revenues. So it can be said that the cash management area that is more optimal will provide support to increase own source revenues.

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Open
No. Panggil : T28062
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2010
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : ix, 177 pages : illustration ; 29 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T28062 15-19-808705351 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 136060
Cover