UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Penerapan Context-Dependent untuk melihat perilaku dan fungsi 'Yang' di dalam bahasa Indonesia

Tri Joko Setiadi; Felicia Nuradi, supervisor; Dewaki Kramadibrata, examiner; Basuki Suhardi, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2001)

 Abstrak

Skripsi ini berisi tentang usaha penerapan konsep context-dependent dalam melihat perilaku dan fungsi yang ke dalam bahasa Indonesia dengan membandingkan antara konsep ini dengan konsep lain yang banyak dipakai ahli bahasa, yaitu context-free. Tentu jika ditemukan kelebihan pada context-dependent, tidak berarti context-free ditinggalkan begitu saja. Jadi, tujuan skripsi ini menekankan pada kemungkinan memadukan kedua konsep ini untuk mendapatkan penjelasan yang lebih memuaskan dalam melihat perilaku dan fungsi yang.
Selain itu, meskipun penulisan ini tidak terlalu menekankan fungsi context-dependent di dalam cerpen yang menjadi data skripsi ini, ingin dilihat pula kemungkinan fungsi lain yang muncul dengan pendekatan konsep ini. Ternyata, perilaku dan fungsi yang di dalam cerpen Dua Orang Sahabat, terutama dalam mengkhususkan dan menerangkan nomina yang diikutinya, semakin menguatkan penceritaan. Penguatan ini karena nomina yang diikutinya mewakili penokohan dan latar. Oleh karena itu, penguatan nomina oleh yang, secara tidak langsung, juga menguatkan penokohan dan latar yang pada gilirannya menguatkan penceritaan.
Terlepas dari semua itu, tentu saja, penulisan skripsi ini masih memiliki banyak aspek bahasa atau sastra yang terlupakan. Oleh karena itu, tidak tertutup kemungkinan dilakukaiuiya kajian yang lebih luas agar pendekatan context-dependent ini, terutama dalam melihat perilaku dan fungsi yang, dapat lebih komprehensif lagi. Untuk itu, atas segala kekurangan di dalam skripsi ini, saya minta maaf dan mendorong kepada siapa saja yang tertarik dengan topik ini untuk melakukan pengkajian pada aspek bahasa dan sastra yang terlupakan. Semoga semakin memperkaya khasanah bahasa dan sastra Indonesia.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Tri Joko Setiadi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S11091
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2001
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : v, 78 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S11091 14-19-494836105 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20156060
Cover