UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Citra perempuan dalam roman 'Kasopanan Timoer' karya Dahlia

Maria Victoria Juanita Setiawan; Edwina Satmoko Tanojo, supervisor; Mantik, Maria Josephine, supervisor; Basuki Suhardi, examiner ([Publisher not identified] , 2001)

 Abstrak

ABSTRAK
Penelitian ini adalah studi pustaka terhadap sebuah roman sastra Indonesia-Tionghoa. Penulis bertujuan menggambarkan citra perempuan dalam roman ini. Penggambaran ini didukung oleh analisis penokohan tokoh utama perempuan. Melalui citra perempuan itu, penulis juga menggambarkan permasalahan sosiologis dengan latar budaya Tionghoa di Indonesia. Permasalahan ini memunculkan fenomena sosial berupa keinginan perempuan Tionghoa melepaskan diri dari norma adat yang tidak relevan.
Penggambaran citra perempuan ini memperlihatkan keinginan pengarang menggambarkan citra perempuan Tionghoa yang dianggapnya ideal, yaitu perempuan yang bebas menempuh pendidikan tinggi setara dengan laki-laki, memanfaatkan pendidikannya dengan bekerja di luar kantor, dan memilih jodoh sesuai keinginannya.
Penulis menyimpulkan citra perempuan menurut pengarang adalah citra perempuan modern yang tidak terbelenggu oleh adat istiadat yang tidak relevan. Masalah kesetaraan perempuan dan laki-laki yang diungkapkannya relevan dengan kondisi masyarakat di akhir abad ke-20 dan awal abad ke-21 ini. Peran Dahlia sebagai perempuan pengarang Tionghoa Indonesia tidak dapat diabaikan, karena ia memiliki kepekaan terhadap perubahan sosial_ budaya di masyarakatnya, dan menuangkannya ke dalam sebuah karya sastra yang masih relevan hingga sekarang. Gejala sosial yang dikemukakannya menyebabkan karya ini adalah sebuah dokumentasi sosial yang memperkaya khazanah sastra Indonesia modern.

 File Digital: 1

Shelf
 Maria Victoria Juanita Setiawan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S10931
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2001
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : vi, 149 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S10931 14-19-374810213 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20156064
Cover