UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Perkembangan pelabuhan Tegal, Jawa Tengah 1961-1994

Farikha Hevtavia; Susanto Zuhdi, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2002)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan Pelabuhan Tegal, yang merupakan salah satu pelabuhan yang yang terletak di Jawa Tengah, pada kurun waktu 1961-1994. Diawali dengan perkembangan Pelabuhan Tegal pada tahun 1961-1969 sebagai pembahasan awal studi ini. Pembahasan dilanjutkan pada tahun 1969, di mana tahun ini merupakan awal pelaksanaan orde baru. Mulai periode inilah Pelabuhan Tegal mengalami kemajuan. Kemajuan ini ditandai dengan meningkatnya volume ekspor dan impor yang melalui Pelabuhan Tegal. Komoditas yang diperdagangkan pun bervariasi. Di samping itu kunjungan kapal juga meningkat ke PeIabuhan mi. Di antaranya terdapat kapal-kapal yang berasal dari Singapura, Malaysia, Jepang, Inggris dan lain-lain. Akan tetapi keadaan ini hanya bertahan sampai tahun 1985.
Pembahasan selanjutnya dimulai dari tahun 1985 sampai dengan 1994. Pada tahun 1985 Pelabuhan Tegal mengalami kemunduran. Kemunduran ini ditandai dengan menurunnya volume ekspor dan impor melalui Pelabuhan Tegal serta menurunnya jumlah kunjungan kapal ke Pelabuhan Tegai. Di samping itu komoditi yang diperdagangkan pun jenisnya berkurang.Hal ini disebabkan karena pada tahun 1985 Pelabuhan Semarang dioperasikan sebagai Pelabuhan Samudera, yang dilengkapi dengan kontainer. Keadaan ini jauh berbeda dengan pengangkutan yang terdapat di Pelabuhan Tegal yang hanyamenggunakan tongkang. Disamping itu, kedalaman pelabuhan yang hanya 3,5 meter menyebabkan kapal-kapal besar sulit merapat ke dermaga Pelabuhan Tegal.
Kondisi tersebut menyebabkan perubahan fungsi Pelabuhan Tegal sebagai pelabuhan yang hanya diramaikan oleh kedatangan pelayaran rakyat dengan aktifitas bongkar muat kayu dari Kalimantan. Diantara kayu-kayu yang dibongkar di Pelabuhan Tegal tersebut terdapat kayu yang tidak dilengkapi dengan dokumen resmi. Oleh karena itu pada tahun 1994 pemerintah menutup sementara Pelabuhan Tegal dari aktifitas perdagangan.

 File Digital: 1

Shelf
 Perkembangan pelabuhan tegal S 0302274.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S12325
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2002
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : viii, 87 lembar : ill. ; 29 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S12325 14-20-339526275 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20156806
Cover