ABSTRAKSkripsi ini disusun berdasarkan data yang diperoleh dari sumber-sumber kepustakaan seperti: buku-buku, surat kabar-surat kabar, artikel-artikel, arsip dan wawancara. Adapun fokus penelitian skripsi ini adalah untuk mengungkapkan sampai sejauh mama sikap mandiri diterapkan pada INS Kayutanam. Pengungkapan tema seperti itu menyebabkan penulis harus menelusuri INS Kayutanam sejak didirikan sampai mengalami kevakuman dengan datangnya pasukan Jepang pada tahun 1942.
Roeang Pendidik INS Kayutanam adalah salah satu sekolah swasta pada masa kolonial yang mempunyai corak khusus. Corak khusus tersebut terlihat dari pelajaran yang diberikan pada sekolah tersebut yang terdiri dari teori dan keterampilan. Di samping itu, sekolah ini bisa maju walaupun dengan usaha sendiri.
INS Kayutanam maju selangkah demi selangkah dan berusaha untuk mempertahankan kemandiriannya. Walaupun demikian, INS tidak menolak bantuan dari siapa saja asal tidak bersifat mengikat.
Dari hasil penelitian berhasil diungkapkan bahwa kemajuan INS diperoleh berkat ditanamkannya sikap mandiri oleh pendiri sekolah tersebut sejak awal. Sikap ini antara lain ditanamkan pada proses belajar. Sikap ini pula yang menjadi bekal bagi para tamatan untuk terjun dalam masyarakat.