UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pengaruh pendidikan Barat pada orang Depok asli

Prima Duria Nirmalawati; Nana Nurliana, supervisor; Mona Lohanda, examiner; Manus, M.P.B., examiner ([Publisher not identified] , 1990)

 Abstrak

ABSTRAK
Penelitian mengenai Pengaruh Pendidikan Barat pada orang Depok asli telah dilakukan di kota administra_tif Depok pada tanggal 12 Juli 1989 hingga 12 Desem_ber 1989. Selain di Kotip Depok, studi ini juga dilakukan di beberapa perpustakaan dan Arsip Nasional guna menemukan bukti-bukti tertulis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penga_ruh pendidikan Barat pada orang Depok asli.
Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara lisan terhadap para keturunan orang Depok asli, juga pada orang-orang yang tinggal di sekitarnya, guna mengetahui keadaan mereka. Selain itu penulis juga menggunakan dokumen-dokumen yang ada di Arsip Nasion_al dan beberapa buku sebagai studi perpustakaan.
Dari penelitian ini penulis dapat mengetahui bahwa orang Depok asli memiliki beberapa perbedaan di masa kolonial dengan orang-orang pribumi lainnya. Mereka memiliki kedudukan sosial yang lebih dari masyarakat Indonesia lainnya. Ini disebabkan mereka telah mendapat pendidikan Barat. Dengan adanya pen_didikan Barat, maka mereka dapat memperoleh lapangan pekerjaan yang lebih baik dan tidak harus menekuni bidang pertanian saja. Mereka ada yang menjadi tenaga propesional sebagai dokter. guru, atau ahli hukum, banyak dari mereka yang menjadi pegawai pemerintah atau swasta di Batavia, karena profesi berbeda gaya hidup pun berbeda. Maka ada istilah Belanda Depok, yaitu orang Depok asli yang bergaya hidup mirip orang Belanda.

 File Digital: 1

Shelf
 S 7891e.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S12748
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1990
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xii, 99 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S12748 14-19-765964907 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20156916
Cover