Skripsi ini membahas konsep pemikiran Makiguchi Tsunesaburo mengenai pendidikan yang terdapat dalam kumpulan tulisan Soka Kyoikugaku Taikei lahir akibat rasa ketidakpuasan Makiguchi terhadap pendidikan Jepang yang ia temui selama ia bertugas sebagai pengajar maupun kepala sekolah diberbagai sekolah dasar di Jepang selama puluhan tahun.
Kumpulan tulisan Soka Kyoikugaku Taikei terbagi menjadi beberapa pokok bahasan penting, yaitu Teori Tujuan Pendidikan (kyoiku mokutekiron), Teori Reformasi Pendidikan (kyoiku kaizoron), Teori Nilai (kachiron), Teori Metodologi Pendidikan (kyoiku hohoron) dan Teori Bahan-bahan Pengajaran (Kyozairon) Dalam konsep pendidikan yang Makiguchi cetuskan ini terlihat jelas unsur kebersamaan dan ketergantungan terhadap lingkungan, karena ia sangat tertarik dengan bidang studi Geografi (chirigaku) dan terpengaruh hasil penelitiannya selama bertahun-tahun mengenai Studi Komunitas (kyodoka kenkyu).