UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Tinjauan terhadap buku Structure and reading comprehension for SMTA

Nuryani; Asim Gunarwan, supervisor; Lily Sontani Halim, examiner; Luhukay, Ida Ratna, examiner (Universitas Indonesia, 1989)

 Abstrak

Seri buku Structure and Reading Comprehension For SMTA merupakan salah satu buku ajar Bahasa Inggris yang digunakan secara luas di Indonesia, terbukti dengan telah dicetak ulangnya sari buku ini sebanyak tiga kali, yaitu Pada tahun 1985, 1987, dan tahun 1988. Asumsi kita adalah, jika sebuah buku ajar mengalami cetak ulang, buku tersebut kemungkinan besar mempunyai kualitas yang baik. Pada cetakan selanjutnya, mutu buku diharapkan akan lebih baik lagi. Namun, tidak demikian halnya dengan seri buku SARC ini. Pada cetakan ketiga, yaitu cetakan terbaru untuk saat ini, masih terlihat banyak kesalahan yang cukup mengganggu. Kesalahan-kesalahan itu mencakup tujuan dan organisasi bahan, isi, Bahasa, dan masalah tekniknya.
Tujuan penyusunan buku SARC, seperti disebutkan Di dalam kata pengantar buku ini, adalah menyajikan materi dengan pendekatan komunikatif. Namun, apa yang dideskripsikan di dalam seri buku ini tidak sesuai dengan tujuan yang hendak dicapainya itu. Seri buku ini menggunakan pendekatan struktural karena lebih menekankan pengajaran struktur daripada fungsi bahasa sebagai alat komunikasi. Beberapa pokok dan subpokok bahasan di dalam seri buku menyimpang dari ketentuan yang ada di dalam Kurikulum 1984. Padahal buku tersebut, menurut penyusunnya, disusun berdasarkan Kunikulum 1984. Seleksi bahan kurang cermat dan terlalu luas. Gradasi tidak dilakukan secara sistematis sehingga materi yang disajikan sulit dipahami. Penggunaan bahasa dalam sari buku ini kurang baik. Seringkali suatu tutur tidak disertai dengan penggunaan tanda baca sehingga pembaca akan mengalami kesulitan dalam usahanya untuk memahami materi yang sedang dideskripsikan. Di dalam seri buku ini juga dapat kita temui banyak kesalahan cetak.

 File Digital: 1

Shelf
 Nuryani.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S14186
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 1989
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : x, 53 pages ; 28 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S14186 14-19-728349676 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20158189
Cover