UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Keretakan dan kehancuran perkawinan dalam The Meredith trilogy : My brother Jack, Clean straw for nothing dan A Cartload of clay

Rahayu Widiyarti; Susilastuti Sunarya, supervisor; Soenarjati Djajanegara, examiner ([Publisher not identified] , 1995)

 Abstrak

ABSTRAK
Skripsi ini merupakan analisis terhadap tiga buah novel karya George Johnston, seorang penulis Australia., Ketiga novel tersebut merupakan sebuah trilogi dengan nama The Meredith Trilogy. Hal yang dapat dilihat dari trilogi tersebut adalah banyaknya masalah dalam perkawinan atau rumah tangga tokoh utamanya. Unsur tokoh dan latar ternyata sangat berperan dalam masalah perkawinan itu.
Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk menunjukkan bahwa perkawinan dalam The Meredith Trilogy mencerminkan perkawinan di Australia antara tahun 1940 hingga tahun 1960-an dan masalah yang dihadapi oleh tokoh-tokoh dalam novel merupakan masalah yang juga dialami oleh banyak pasangan di Australia.
Analisis terhadap skripsi ini dilakukan dengan menggu_nakan pendekatan historic-biografis berdasarkan buku tuli_san Wilfred L. Guerin: A Handbook of Critical Approaches to Literature. Pendekatan tersebut dikaitkan dengan unsure intrinsik dalam novel (penokohan dan latar) serta unsur ekstrinsik (biografi pengarang dan latar sejarah di Austra_lia).
Hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa keretakan dan kehancuran perkawinan dalam The Meredith Trilogy itu disebabkan oleh masalah yang timbal dart dalam dan dari luar. Masalah, dari dalam berkaitan dengan tokoh-tokoh pelaku perkawinan itu sendiri yang berkaitan dengan sikap dan sifat mereka, sedangkan masalah dari luar berkaitan dengan keadaan atau latar. Dari analisis juga dapat ditunjukkan bahwa perkawinan dalam The Meredith Trilogy ini mencerminkan keadaan perkawinan di Australia pada masa itu (1940-1960-an), yang bisa juga disebut masa perang dan pasca-perang. Selain itu, perkawinan dalam novel juga mencerminkan perkawinan pengarang.

 File Digital: 1

Shelf
 Rahayu Widiyarti.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S14029
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1995
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : vi, 136 pages ; 28 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S14029 14-19-405916067 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20158293
Cover