UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pengaruh bahasa tubuh terhadap makna percakapan dalam film Lippels Traum

Sandra Dewi Sabastian; (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Bahasa tubuh merupakan salah satu bagian terpenting dalam komunikasi. Bahasa tubuh dan elemen-elemen verbal membentuk satu kesatuan makna di dalam komunikasi. Bahasa tubuh yang terdiri dari gestik, mimik, dan prosodi berfungsi sebagai alat Bantu berekspresi dalam komunikasi. Dalam skripsi ini saya meneliti pengaruh bahasa tubuh terhadap makna percakapan dalam turn Lippels Traum. Data yang dijadikan objek penelitian berasal dari 10 percakapan dalam film Lippels Traum.
Dalam penelitian ini saya menggunakan teori mengenai Bahasa Tubuh dari Wolfgang Boettcher, Teori mengenai Ilubungan antara Bahasa Tubuh dengan Latar Belakang Budaya dari Wallboti, serta Teori-teori dari Apeltauer. Littlejohn, dan Lyons sebagai landasan teori.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahasa tubuh tidak hanya mempengaruhi makna percakapan, tetapi juga merupakan bagian dari makna itu sendiri dalam komunikasi. Dalam suatu masyarakat bahasa, pengetahuan mengenai bahasa tubuh menjadi syarat berhasilnya suatu komunikasi.

Body language is one of the most important parts of communication. It forms the whole meaning of communication along with the verbal elements. It consists of gesture, mime, and prosodic, which function as means of expression and communication. In my thesis I have analyzed the influences of body language to the meaning of verbal conversation in film Lippels 7raum. The data of my analysis is 10 scenes of' conversation of film Lippels Traum.
In this analysis, The Theory of Body Language from Wolfgang Boettcher, Theory of 'Ihe Relation between Body Language and Cultural Background from Wallbott, and Theories from Apeltauer, Littlejohn and Lyons arc used as the basic theories.
The result shows that body language influences not only the meaning of conversations, but it is also a part of the meaning itself in a communication. In a language community, the knowledge of body language is required for a successful communication.

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S14807
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2006
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : viii, 117 lembar ; 28 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S14807 14-20-595922538 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20158709
Cover