UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Analisis bahasa iklan televisi dari kaset video 50 Jahre werbung in Deutschland

Andi Maerzyda A. Th.; Setiawati Darmojuwono, supervisor; Koosmarlinah Kramadibrata, examiner; Pattinasarany, M. Sally H.L., examiner ([Publisher not identified] , 1998)

 Abstrak


ABSTRAK
Penelitian terhadap iklan televisi telah banyak dilakukan oleh para ahli dari berbagai bidang, namun sebuah analisis bahasa iklan yang didasarkan pada teori Linguistik jumlahnya masih terbatas. Skripsi ini bertujuan untuk meneliti kecenderungan pilihan kosa kata iklan televisi berbahasa Jerman dari segi makna referensial, makna asosiatif, dan makna afektif. Penelitian kemudian juga bertujuan untuk melihat bagaimana cara menyusun pilihan kata tersebut menjadi suatu wacana yang dapat mempengaruhi pikiran dan emosi pemirsa televisi Jerman agar menggunakan produk tertentu. Oleh karena data penelitian meliputi spot-spot iklan televisi Jerman yang berasal dari 5 dekade (1945-1995), maka hasil penelitian juga dapat menunjukkan perbedaan penyajian iklan dari 3 kategori produk, yaitu produk pangan, produk otomotif, dan produk jasa berdasarkan dekade pembuatan spot.
Data penelitian berasal dari kaset video 50 Jahre Werbung in Deutschland (50 tahun Iklan di Jerman) yang merupakan kumpulan iklan televisi Jerman terbaik dilihat dari segi artistik, penjualan serta ide (keterangan ini tercantum pada sampul depan kaset) yang dirangkum oleh Deutschen Werbemuseum e. V. (Musium Periklanan Jerman) yang berkedudukan di Frankfurt dalam rangka menyelenggaraan suatu pameran dengan judul yang sama.
Hasil penelitian akan memperlihatkan bahwa bahasaiklan televisi memiliki ciri_-ciri umum yang hampir sama dengan bahasa iklan media cetak, yaitu penggunaan kosa kata yang mengandung makna berlebihan, gaya bahasa yang bersifat persuasif dan lainnya, Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa selain memiliki persamaan, bahasa iklan televisi memiliki ciri-ciri yang spesifik dan khusus jika dibandingkan dengan bahasa iklan pada media lain, antara lain bahwa bahasa, gambar dan unsur akustis memainkan peranan yang sama penting dalam iklan televisi.

 File Digital: 1

Shelf
 S 9800553_Analisis Bahasa Iklan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S14413
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1998
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : viii, 129 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S14413 14-19-395995846 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20158768
Cover