UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Penggambaran metaforis kerajaan surga pada tujuh perumpamaan Yesus dalam injil Matius : suatu tinjauan semantis

Matheis Jacobus Usmany; Pattinasarany, M. Sally H.L., supervisor; Setiawati Darmojuwono, examiner; Koosmarlinah Kramadibrata, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1997)

 Abstrak

Penelitian ini merupakan analisis metaforis dalam arti luas (broad sense). Di dalam Alkitab, khususnya kitab Injil Matius, terdapat sekitar tiga puluh perumpamaan yang diceritakan oleh Yesus. Tujuh perumpamaan di antaranya merupakan tema utama kitab Injil Matius, yaitu arti dan makna Kerajaan Surga (das Himmelreich).
Hal-hal penting yang terdapat di dalam penelitian ini antara lain :
1. Ciri-ciri linguistis yang terdapat di dalam tujuh perumpamaan tersebut menunjukkan bahwa kata-kata dan frase-frase yang merupakan metafora di dalam ketujuh perumpamaan tersebut mempunyai makna figuratif atau makna kiasan. Makna tersebut merupakan perluasan dari makna dasar kata atau frase. Hal ini berarti bahwa analisis komponen makna dasar sebuah kata merupakan sebuah cara yang digunakan untuk dapat memahami makna kiasan sebuah kata atau frase.
2. Berdasarkan teori subtitusi dan teori perbandingan dapat disimpulkan bahwa metafora yang terdapat di dalam ketujuh perumpamaan tersebut, di satu sisi adalah sebuah kata yang dapat disubtitusi oleh kata lain. Di sisi lain, metafora tersebut juga merupakan perbandingan antara dua hal yang memiliki sifat dan ciri yang sama.
3. Teori interaksi menjelaskan bahwa konteks dan metafora memiliki hubungan pertalian makna yang erat. Hal itu berarti bahwa konteks sangat berperan dalam memahami atau bahkan menginterpretasikan sebuah metafora. Penelitian ini menunjukkan pula bahwa konteks sosial dan budaya masyarakat Yahudi yang hidup di zaman Yesus merupakan latar belakang analisis metafora dalam tujuh perumpamaan tersebut.
4. Penggunaan personifikasi tidak ditemukan di dalam tujuh perumpamaan tersebut, walaupun personifikasi merupakan bagian dari metafora dalam anti yang luas.

 File Digital: 1

Shelf
 S 9800417_Penggambaran Metaforis Kerajaan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S14726
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1997
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : vii, 71 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S14726 14-19-885855853 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20158782
Cover