UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Interaksi sosial yang bercirikan Poshlost' dalam cerita pendek Baju mantel karya Nikolaj V. Gogol' sebuah tinjauan psikologi sosial

Suharto Suyatna; Boangmanalu, Singkop Boas, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1993)

 Abstrak

Analisisinteraksisosialyang bercirikan Poshlost' dalam cerita pendek Baju Mantel, bertujuan untuk menjabarkan suatu interaksi sosial yang mengandung ciri negatif di dalam kegiatan-kegiatan dan tingkah laku manusia yang berhubungan dengan situasi-situasi sosial. Untuk mencapai tujuan ini penulis berupaya menguraikan dan menjelaskanya dengan menelusuri rangkaian peristiwa dan situasi sosial yang terjadi di dalam cerita pendek Baju Mantel. Dalam penulisan di atas, penulis mempergunakan metode deskriptif analitis yang didasarkan pada studi kepustakaan. Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan intrinsik, yaitu pembahasan unsur-unsur yang hanya terdapat di dalam karya sastra itu sendiri. Teori yang penulis gunakan selain teori sastra, juga teori psikologi sosial sebagai ilmu bantu. Hasil analisis menunjukkan bahwa cerita pendek ini sarat dengan ciri Poshlost', yaitu ciri yang menampilkan penghinaan terhadap harkat manusia yang luhur, seluruhnya bersifat nista, rendah dan memuakkan, serta mengungkapkan sesuatu yang tidak pantas menurut tatanan norma-norma yang berlaku dalam masyarakat. Ciri Poshlost' tersebut menyebabkan tokoh utama dalam cerita pendek Baju Mantel terjerumus ke dalam duka cita dan ketidakberuntungan, akibat perlakuan sosial yang diterimanya dalam interaksi sosial yang bercirikan Poshlost'. sari basil analisis ini Juga ternyata interaksi sosial bercirikan Poshlost' tersebut lebih banyak terungkap di batik perlakuan sosial terhadap tokoh utama, dan di batik rangkaian peristiwa dan situasi sosial yang terjadi dalam cerita pendek Baju Mantel.

 File Digital: 1

Shelf
 Interaksi sosial yang..., S 96695.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S15102
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1993
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : vii, 72 lembar ; 28 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S15102 14-20-514158480 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20158897
Cover