UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Kajian perkembangan fiksi ilmiah anak dan remaja karya pengarang Indonesia 1968-1991

M.V. Wresti Budiaju A.P.; Irma Utari Aditirto, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1992)

 Abstrak

Penelitian mengenai perkembangan bacaan fiksi ilmiah anak dan remaja karya pengarang Indonesia telah dilakukan dengan menginventarisasi terbitan fiksi ilmiah anak dan remaja karya pengarang Indonesia di berbagai penerbit, toko buku, pasar buku loak di kota Jakarta dan Bandung selama bulan Juni 1990 sampai dengan bulan Juli 1992. Tujuannya adalah untuk mengetahui seberapa jauh perkembangan fiksi ilmiah anak dan remaja Indonesia yang dibuat oleh pengarang Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menginventarisasi dan mengevaluasi semua terbitan fiksi ilmiah anak dan remaja karya pengarang Indonesia. Selain itu dilakukan juga wawancara dengan para pengarang bacaan tersebut. Cara inventarisasi, evaluasi dan wawancara dijelaskan. Hasilnya menunjukkan bahwa yang disebut bacaan fiksi ilmiah anak dan remaja karya pengarang Indonesia belum semuanya layak disebut bacaan fiksi Ilmiah, karena bacaan-_bacaan itu lebih menekankan segi fiksinya daripada segi kefiksi-ilmiahannya. Namun beberapa sudah mulai memberi unsur-unsur ilmiah didalamnya. Temanya berkisar pada perjalanan ke ruang angkasa untuk membela keadilan dan pemanfaatan teknologi canggih. Perkembangan bacaan ini juga tidak begitu menggembirakan. Karena sejak buku bacaan jenis fiksi ilmiah anak dan remaja yang diperkirakan paling tua terbit, yaitu pada tahun 1966, dengan judul getaran karya Djokolelono, hingga saat ini hanya ditemukan sejumlah kecil (kurang dari lima puluh judul) bacaan yang sejenis dengan bacaan ini. Penulis bacaan jenis ini ternyata harus memiliki pengetahuan tentang ilmu eksakta agar dapat membuat suatu bacaan yang dapat diterima logika. Pengetahuan itu didapat dengan membaca berbagai buku atau artikel ilmiah dan juga membaca buku fiksi ilmiah karya pengarang lain. Bacaan fiksi ilmiah anak dan remaja Indonesia sebetulnya dapat dijadikan sebagai sarana untuk membangkitkan minat anak terhadap ilmu dan teknologi. Untuk itu bacaan ini perlu untuk dikembangkan. Perkembangan bacaan ini dapat tercapai apabila ada kesadaran dari para penerbit, pengarang cerita dan ilmuwan untuk menghasilkan dan mempromosikan bacaan-bacaan jenis ini dengan pertimbangan kemajuan bangsa bukan pertimbangan ekonomi.

 File Digital: 1

Shelf
 S - M. V. Wresti Budiaju A. P.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S15630
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1992
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : ix, 120 lembar : ill. ; 28 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S15630 14-21-156711457 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20158957
Cover