UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Kesesuaian koleksi dengan kebutuhan informasi pemakai Perpustakaan Umum Islam Jama'

Abdul Cholil; ([Publisher not identified] , 2001)

 Abstrak

ABSTRAK
Kegiatan evaluasi layanan yang diberikan oleh suatu perpustakaan sebaik-nya sejalan dengan paradigma perpustakaan, yaitu berdasar atas kepuasan pemakai. Perencanaan kebijakan pengembangan koleksi dengan kebutuhan pemakainya dan koleksi yang ada hares senantiasa dievaluasi mengingat kebutuhan pemakai yang selalu berkembang.
Setelah melihat pemyataan diatas, maka penulisan skTipsi ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan informasi pemakai Perpustakaan Umum Islam Iman lama (selanjutnya disingkat dengan PUII.T). Skripsi ini juga bertujuan untuk mengetahui kondisi umum koleksi PUII.T, mengetahui kesesuaian antara koleksi yang disediakan dengan kebutuhan informasi pemakaianya. Terakhir pada gilirannya skripsi ini akan memberikan informasi tentang kebutuhan pemakai yang diperlukan pustakawan untuk mengambil keputusan dalam menentukan arah pengembangan koleksi.
Adapun penelitian ini dilaksanakan sejak tanggal 6 - 11 Juni 2000 dan merupakan penelitian yang sifatnya deskriptif analitik dengan pendekatan evaluasi mengenai sistem koleksi yang diadakan di PUII]. Deskripsi dalam penelitian ini mencakup jumlah koleksi yang dimiliki oleh PUIIJ dalam hal subjek (umum dan Keislaman) serta jenisnya serta dilain pihak juga digambarkan kebutuhan informasi pemakainya. Prosedur penggunaan, penempatan koleksi di rak sifat koleksi, staf perpustakaan, serta fasilitas pendukungnya.
Data yang menunjang penelitian ini didapatkan dengan cara rnelakukan penghitungan jumlah koleksi yang ada serta menyebarkan kuesioner untuk mengetahui kebutuhan informasi serta penilaian atas sistem yang sedang berjalan. Dari penelitian ini kemudian diketahui bahwa koleksi bidang subyek keislaman adalah koleksi yang jumlahnya terbesar terutama koleksi bidang fiqh serta ilmu akhlak & tasawuf. Koleksi yang dimiliki oleh PLIIJ juga terbukti dapat memenuhi kebutuhan informasi keislaman pemakainya. Subjek yang paling banyak dibutuhkan oleh pemakainya adalah informasi dalam bidang iimu studi Islam, ushul filth, tafsir Al-Qur'an dan Ilmu taubid & kalam.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Abdul Cholil.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S14961
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2001
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : vi, 58 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S14961 14-19-257100944 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20158963
Cover