UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Karakter sosial pasar pengetahuan spesialis teknis terpencar dalam knowledge management

Tezhart Elvandiar; Sulistyo Basuki, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2005)

 Abstrak

Pengamatan situs, wawancara, dan pendokurnentasian catatan lapangan dimulai pada Maret 2005 hingga minggu pertama April 2005. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan aktif dan wawancara terhadap spesialis teknis terpencar yang merupakan karyawan dari PT Astragraphia, tbk. yang menginduk pada Fuji-Xerox Asia Pasifik. Pengamatan aktif dilakukan terhadap enam belas subyek-partisipan, sedangkan wawancara dilakukan terhadap enam subyek-partisipan.
Tujuan penelitian ini, yakni: mengetahui proses pasar pengetahuan yang terjadi di antara subyek-partisipan dalam lingkungan sosial pekerjaan yang menerapkan prinsip-prinsip Know/edge Management; mengetahui karakter sosial pasar pengetahuan dalam lingkup Know/edge Management; dan mengetahui pola hubungan antara kondisi psikologis subyek-partisipan dengan lingkungan sosial pekerjaan yang menerapkan psinsip-prinsip Know/edge A,lanagement.
Penelitian ini menemukan bahwa, nilai tukar- yang berlaku pada pasar pengetairran subyek-partisipan adalah biaya berupa: timbal-balik, reputasi dan kredibilitas. kepercayaan, dan altruisme untuk mendapatkan imbalan benrpa: penerimaan sosial (social acceptance), persahabatan, harga diri, dan pengaruh. Nilai tukar tersebut dirasionalisasi melalui nilai yang didukung (espoused values) serta asurnsi dasar (basic assumptions). Dari kedua mekanisme nilai tersebut, secara implisit terlihat bahwa upaya-upaya pelarian yang dilakukan (penundukan diri dan penguasaan) merupakan ekspresi eksistensial kemanusiaan dari perasaan kesendirian subyek_partisipan, sehingga subyek-partisipan berusaha untuk mencari bentuk ikatan baru melalui nilai yang didukung.

 Kata Kunci

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S15666
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2005
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : iii, 117 lembar ; 30 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S15666 14-20-212086273 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20158989
Cover