UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Kajian koleksi bidang linguistik dengan metode conspectus di Perpustakaan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia

Wishnu Hardi; Sulistyo Basuki, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2005)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keadaan aktual koleksi buku untuk subjek Linguistik Umum di Perpustakaan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia. Dari deskripsi tersebut kemudian dapat diperoleh informasi mengenai peta kekuatan dan kelemahan koleksi yang dapat dijadikan paramater menuju terbentuknya koleksi inti (core collection) untuk subjek Linguistik.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Metode evaluasi yang digunakan adalah metode conspectus yang termasuk dalam kategori teknik evaluasi teehadap koleksi (collection-based technique) dengan mengambil objek penelitian di Perpustakaan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia. Selain untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan koleksi, penelitian ini juga diharapkan dapat dijadikan paramater kualitas koleksi yang berguna untuk internal perpustakaan yakni pembenahan manajemen koleksi dan eksternal perpustakaan yakni sebagai dasar pertimbangan untuk pembentukan kerja sama perpustakaan perguruan tinggi untuk subjek sejenis.
Hasil penelitian menunjukan bahwa koleksi subjek Linguistik di Perpustakaan FIB berada pada kisaran 1 a sampai 2b yang masih jauh dui aras (level) yang diharapkan oleh evaluator yakni 5F. Penilaian terhadap kekuatan koleksi yang dilakukan oleh evaluator pada kenyataannya sangat dipengaruhi oleh variasi judul-judul yang tersedia. Analisis bahasa pada subjek linguistik memperlihatkan bahwa mayoritas koleksi untuk tiap kelas memiliki indikator E yang berarti bahan literatur berbahasa Inggris mendominasi. Cakupan kronologis pada subjek linguistik bisa dikatakan kurang relevan dengan kebutuhan informasi yang mutakhir. Bahan literatur terbitan 5 tahun terakhir hanya mencapai 3%.di mana idealnya mencapai 10%.

 Kata Kunci

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S15645
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2005
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xii, 111 lembar ; 30 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S15645 14-20-413762819 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20159021
Cover