UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pemanfaatan majalah ilmiah di Perpustakaan PT PLN (Pesero)-Pusat Penyelidikan Masalah Kelistrikan perbandingan hasil evaluasi

Deby Husdafianti; Lily Irawati Roesma, supervisor; Suwarto, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1995)

 Abstrak

Penelitian tentang pemanfaatan majalah ilmiah yang membandingkan antara hasil evaluasi berdasarkan permintaan artikel melalui Berita Literatur (evaluasi yang telah rutin dilakukan oleh Perpustakaan PT. PLN (Persero) - Pusat Penyelidikan Masalah KelistrikanlPLN-LMK) dengan hasil evaluasi berdasarkan metode Langlois (evaluasi yang diterapkan oleh penulis). Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan metode evaluasi menurut pendapat Langlois dapat menggambarkan pemanfaatan majalah ilmiah yang Iebih menyeluruh dibandingkan dengan hasil evaluasi yang hanya berdasarkan permintaan artikel melalui Berita Literatur.
Majalah ilmiah yang dianalisa pemanfaatannya berjumlah 79 judul, seluruhnya adalah majalah langganan. Pengumpulan data dilakukan selama bulan April sampai dengan bulan Juni 1994, Data yang dikumpulkan adalah jumlah majalah yang dibaca di ruang baca perpustakaan, jumlah majalah yang difotokopi balk yang diminta langsung oleh pengunjung perpustakaan maupun yang diminta Iewat surat, telepon dan facsimile serta permintaan artikel melalui JASA INFO KILAT, untuk mengetahui judul judul majalah yang diminati, diminta juga pendapat pemakai melalui kuesioner. Sebagai perbandingan diambil data permintaan fotokopi artikel melalui Berita Literatur dari hasil evaluasi pemanfaatan majalah yang telah dilakukan oleh Perpustakaan PLN-LMK.
Hasilnya menunjukan bahwa terdapat perbedaan peringkat judul majalah yang dimanfaatkan antara hasil evaluasi melalui Berita Literatur dengan metode Langlois. Majalah ilmiah yang dimanfaatkan melalui Berita Literatur berjumlah 5.384 eksemplar, 8 judul (10,13%) yang tidak dimanfaatkan dan semuanya berasal dari terbitan 5 tahun terakhir, sedangkan hasil penerapan metode Langlois berjumlah 7.195 eksemplar, hanya 1 judul (1,27%) yang tidak dimanfaatkan dan semuanya berasal dari terbitan 5 tahun terakhir sampai dengan terbitan di atas 15 tahun terakhir. Secara keseluruhan hasil evaluasi melalui Berita Literatur menduduki 74,8 %, dari hasil evaluasi keseluruhan, akan lebih baik lagi apabila perpustakaan melengkapinya dengan metode evaluasi lain seperti metode Langlois agar dapat mengetahui kebutuhan pengguna yang selama ini kurang diperhatikan dan mempertimbangkan kembali langganan majalah yang kurang dimanfaatkan.

 File Digital: 1

Shelf
 Deby Husdafianti.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S15163
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1995
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xvii, 85 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S15163 14-19-038838409 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20159047
Cover