UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pemanfaatan koleksi buku di Perpustakaan ABRI (Pusjarah ABRI)

Indrayati; Sulistyo Basuki, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1993)

 Abstrak

Karya tulis ini meneliti pemanfatan koleksi buku di perpustakaan ABRI (PUSJARAH ABRI), yang berlangsung selama bulan Januari 1993 sampai dengan bulan Februari 1993. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana koleksi buku yang dimiliki oleh perpustakaan telah dimanfaatkan oleh pemakai di lingkungan PUSJARAH ABRI selama tahun 1987 sampai dengan tahun 1992. Hasil penelitian ini diharapkan akan bermanfaat dalam menentukan kebijakan pembinaan koleksi yang diperlukan di masa-masa yang akan datang.
Penelitian ini menggunakan metode koleksi, yaitu suatu metode penelitian penggunaan buku dengan cara memilih sejumlah sampel dari koleksi yang ada, kemudian mencocokkan dengan catatan peminjaman pada masa lampau yang disimpan di perpustakaan. Sampel diambil dari kartu shelf-list atau daftar pengerakan, yang dipilih secara sistematis yaitu setiap 15 judul buku dari susunan kartu tersebut dipilih satu untuk sampel.
Judul buku yang berhasil dijadikan sampel berjumlah 252 judul atau 6,6% dari populasi yang berjumlah 3781 judul. Hasil penelitian secara keseluruhan menunjukkan bahwa ternyata buku-buku yang telah dimanfaatkan hanya 95 judul atau 37,7%, sedangkan sisanya 157 judul atau 62,3% tidak pernah dipinjam atau digunakan selama lima tahun terakhir. Hasil lainnya menggambarkan banyak buku-buku yang tahun terbitnya cukup tua, tetapi keberadaanya masih dipertahankan.
Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa koleksi buku di Perpustakaan ABRI (PUSJARAH ABRI) belum sepenuhnya dimanfaatkan, tetapi baru sebagian kecil saja yang telah dimanfaatkan oleh pemakainya. Agar koleksi buku di perpustakaan lebih berdaya guna dan berhasil guna, disarankan untuk lebih memperhatikan kebijakan pengembangan koleksi untuk masa-masa yang akan datang, yaitu dengan lebih teliti dan cermat dalam proses pemilihan dan pengadaan koleksi untuk perpustakaan.

 File Digital: 1

Shelf
 Indrayati.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S15364
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1993
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : v, 75 lembar ; 28 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S15364 14-20-886441335 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20159055
Cover