UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pemanfaatan layanan Perpustakaan Kelurahan studi kasus di tiga kelurahan di Jakarta Timur

Nita Ismayati; Zulfikar Zen, supervisor; Sutarno, examiner; Laksmi, examiner ([Publisher not identified] , 1997)

 Abstrak


ABSTRAK
Penelitian mengenai pemanfaatan layanan perpustakaan kelurahan telah dilakukan di Perpustakaan Kelurahan Lubang Buaya, Perpustakaan Kelurahan Cipinang Cempedak, dan Perpustakaan Kelurahan Bidara Cina. Tujuannya untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemanfaatan layanan perpustakaan kelurahan di Jakarta Timur, khususnya perpustakaan kelurahan yang telah meraih prestasi dalam pengelolaan perpustakaan.
Pengumpulan data dilakukan melalui kajian pustaka, pengamatan, wawancara, dan penyebaran kuesioner. Hasil kajian pustaka diharapkan dapat diperoleh informasi mengenai pengertian dan bentuk perpustakaan kelurahan. Hasil pengama_tan dan wawancara diharapkan dapat memperoleh gambaran menge-nai kondisi perpustakaan kelurahan yang sesungguhnya, sedang_kan dari penyebaran kuesioner diharapkan memperoleh gambaran pendapat masyarakat tentang perpustakaan kelurahan dan peman_faatannya. Pelaksanaan pengumpulan data dijelaskan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perpustakaan kelurahan belum dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat. Keberadaan perpustakaan kelurahan hanya diketahui oleh 16.21persen responden. Dari sejumlah itu, yang pernah berkunjung berjumlah 31.94 persen. Tingkat pemanfaatan yang dilakukan pemakai hampir seluruhnya (78.25 %) bersifat tidak tetap, yaitu berkunjung jika ada urusan di kantor kelurahan dan tidak tentu. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kondisi perpustakaan kelurahan yang meliputi tenaga pengelola, koleksi dan promosi perpustakaan belum berjalan sebagaimana aturan yang tercantum di Surat Keputusan Gubernur Kepala Daerah Khusus Ibukota Jakarta No. 234 tahun 1995 tentang Fetunjuk Pelaksanaan Penyelenggaraan Perpustakaan Kelurahan di Lingkungan Pemerintah Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

 File Digital: 1

Shelf
 S 9700600_Pemanfaatan Layanan Perpustakaan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S15307
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1997
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xii, 127 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S15307 14-19-964237862 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20159072
Cover