UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pemanfaatan jaringan informasi IPTEK (IPTEKNet) bagi peneliti BPP Teknologi Jakarta

Maha, Rahmadani Ningsih; Sulistyo Basuki, supervisor; Lies Sulistyowati, examiner; Utami Budi Rahayu Hariyadi, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1999)

 Abstrak

Penelitian dilaksanakan di BPP Teknologi Jakarta dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana pemanfaatan jaringan informasi iptek (IPTEKnet) bagi para peneliti yang berada di sana, mengetahui kendala apa saja yang timbul atau dirasakan oleh peneliti serta untuk mengetahui seberapa besar peranan IPTEKnet dalam memberikan layanan informasi kepada peneliti di sana.
Jenis penelitian yang digunakan adalah survei deskriptif dengan populasi peneliti yang berada di wilayah BPP Teknologi Jakarta. Hal ini dimaksudkan adalah untuk melihat gambaran secara umum terhadap topik yang diteliti. Pengambilan sampel yang digunakan adalah secara acak sederhana. Teknik pengumpulan data dengan melakukan penyebaran kuesioner terhadap 77 responden.
Hasil penelitian menunjukkan, ternyata bidang keahlian atau subyek yang diminati oleh responden adalah bidang pertanian, Quality Control Management, energi dan ekonomi. Dari 77 responden yang pernah akses ke IPTEKnet ada 48 responden (62,34%) dan dari yang tidak/belum menggunakan IPTEKnet sebagian besar menyatakan kurang adanya sosialisasi atau promosi sehingga banyak diantara responden yang kurang mengetahui. Sekalipun mengetahui rnereka merasa informasi yang mereka butuhkan tidak terpenuhi oleh IPTEKnet.
Jasa layanan informasi yang paling sering digunakan adalah fasilitas akses ke internet, dan informasi yang diharapkan untuk tampil pada homepage IPTEknet adalah berupa analisis dan data. Hal ini berkaitan dengan tugas mereka sebagai peneliti yang senantiasa meneliti dan mengkaji ilmu pengetahuan dan teknologi. Semua responden menyatakan bahwa IPTEKnet sangat membantu penelitian mereka. Kendala yang sering dihadapi adalah server down/hang, waktu akses lama, data out of date (kurang adanya up-dating informasi) dan lain sebagainya.
Dengan demikian perlu diadakannya Rapat Koordinasi antar simpul secara kontinyu terutama yang berkaitan dengan isi informasi. Dillihat dari konfigurasi jaringan sudah cukup baik dan konsentrasi saat ini hendaknya pada informasi itu sendiri. Sosialisasi sangat penting dilakukan, karena amat disayangkan fasilitas sudah ada tapi tidak banyak orang yang menggunakannya.

 File Digital: 1

Shelf
 S 0000556_Pemanfaatan Jaringan Informasi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S15560
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1999
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resources
Deskripsi Fisik : vi, 87 pages: illustration; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S15560 14-19-896247874 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20159114
Cover