UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Kajian atas pemakai perpustakaan Pusat Penelitian Lingkungan Hidup Institut Teknologi Bandung

Peppy Marlianti; Sulistyo Basuki, supervisor; Pandey, R. K., editor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1985)

 Abstrak

Skripsi ini membicarakan masalah kebutuhan informasi yang berupa bahan pustaka dari pemakai perpustakaan khusus, yaitu Perpustakaan PPLH - ITB yang mempunyai kelompok pemakai khusus pula yaitu para peneliti PPLH - ITB. Kebutuhan informasi ditinjau dari informasi yang dibutuhkan oleh para peneliti untuk menunjang penelitian mereka.
Penelitian bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis informasi yang seperti apa yang dibutuhkan/digunakan oleh para peneliti PPLH-ITB dalam menunjang penelitian yang sedang, akan, maupun telah dilakukannya, serta seberapa jauh Perpustakaan PPLH-ITB dapat memenuhi kebutuhan tersebut.
Hipotesa yang diajukan adalah bahwa Perpustakaan PPLH_ITB sudah dapat memenuhi kebutuhan para penelitinya. Untuk membuktikan hipotesa dipergunakan metode analisa sitasi dari 1aporan-1aporan hasil penelitian dan kuesioner. Sedangkan untuk mengetahui bagaimana kebutuhan informasi para peneliti, dipergunakan teknik kuesioner.
Didatam skripsi ini dibicarakan pula masalah informasi dan kebutuhan informasi, perkembangan masalah kajian atas kebutuhan pemakai informasi (information user needs), serta masalah informasi dalam bidang lingkungan hidup, termasuk sistim jaringan informasi internasional untuk lingkungan hidup yang telah berkembang yaitu Infoterra.
Hasil dari penelitian menunjukan bahtra Perpustakaan PPLH-ITB sudah memenuhi sebagian besar dari kebutuhan para panelitinya. Dari hasil kuesioner dapat diketahui bahwa laporan dan data-data dari hasil survey yang sudah ada merupakan number informasi yang sangat berguna bagi mereka, sedangkan text books merupakan bentuk yang juga sering dibutuhkan karena disanalah terkandung informasi yang barsifat metodologis dan konseptual. Untuk mangikuti perkembangan ilmu, para peneliti masih mengandalkan jurnal/majalah ilmiah sebagai sumbar informasi mutahir. Bentuk sumber informasi non-buku yang banyak digunakan adalah peta dan photo udara.

 File Digital: 1

Shelf
 Kajian atas pemakai S 8701264.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S15411
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1985
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : vi, 84 pages ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S15411 14-19-718497489 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20159124
Cover