UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pemanfaatan bahan rujukan Indonesiana oleh mahasiswa untuk menunjang mata kuliah wajib evaluasi awal di Perpustakaan Fakultas Sastra UI

Joko Nugroho; Utami Budi Rahayu Hariyadi, supervisor; Siti Sumarningsih, examiner; Indira Irawati, examiner ([Publisher not identified] , 1997)

 Abstrak


ABSTRAK
Koleksi bahan rujukan merupakan salah satu koleksi perpustakaan perguruan tinggi yang disediakan untuk melancarkan arus informasi dan memenuhi kebutuhan informasi sivitas akademika dalam menunjang kurikulum pendidikan.
Bahan rujukan Indonesiana merupakan buku-buku rujukan yang terbit dan memuat ioformasi tentang Indonesia, baik yang berbahasa asing maupun Indonesia.
Penelitian yang dilakukan di FSUI ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan bahan rujukan Indonesiana oleh dalam penelusuran literatur. Selain itu untuk mengetahui juga kebijakan pengembangan koleksi bahan rujukan di FSUI sebagai penunjang mata kuliah wajib yang diikuti oleh sivi tas akademika sebagai pemakai layanan dan koleksi perpustakaan.
Hasil penelitian tentang pengetahuan mahasiswa mengenai bahan rujukan Indonesiana, baik istilah maupun jenisnya, mencerminkan bahwa pendidik an pemakai yang diselenggarakan perpustakaan hasilnya kurang optimal begitu juga, pemahaman pemakai pada penggunaan sarana bibliografi sebagai sarana penelusuran.
Sebagian besar pemakai memanfaatkan bahan rujukan Indonesiana untuk menunjang mata kuliah wajib yang diikuti membuktikan bahwa bahan tersebut bermanfaat untuk menunjang mata kuliah wajib, walaupun umumnya tidak terdapat dalam daftar bacaan (silabus) mata kuliah. Hal tersebut juga terbukti dari tingkat keberhasilan pemakai dalam penelusuran literatur dengan memanfaatkan bahan rujukan Indonesiana yang lebih tinggi dibandingkan dengan pemakai yang tidak memanfaatkannya.
Koleksi bahan rujukan Indonesiana yang telah tersedia di perpustakaan kurang dapat memenuhi kebutuhan pemakai, sehingga pihak perpustakaan soyogyanya melakukan evaluasi kebijakan pengembangan koleksi untuk memperbaharui dan menyediakan layanan dan koleksi yang sesuai dengan kurikulum pendidikan di perguruan tinggi yang bersangkutan.

 File Digital: 1

Shelf
 S 9700329_Pemanfaatan Bahan Rujukan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S15449
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1997
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : x, 97 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S15449 14-19-153767864 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20159159
Cover