UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Perilaku pencarian informasi para jurnalis Televisi di Indonesia penelitian di enam stasiun Televisi di Indonesia

W.A. Permono; Fuad Gani, supervisor; M. Suprayogi, examiner; Yohanes Sumaryanto, examiner ([Publisher not identified] , 1997)

 Abstrak


ABSTRAK
Penelitian mengenai perilaku pencarian informasi para jurnalis televisi telah dilakukan sejak September 1996 hingga Mei 1997 di enam stasiun televisi di Indonesia yaitu Televisi Republik Indonesia (TVRI), Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI), SCTV (Surya Citra Televisi), Televisi Pendidikan Indonesia (TPI), Andalas Televisi (ANTEVE), dan Indosiar Visual Mandiri (IVM).
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui berbagai persoalan yang dihadapi para jurnalis televisi dalam pencarian informasi berkaitan dengan penyusunan berita televisi dan keterlibatan partnership para pustakawan, ahli dokumentasi dan informasi. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Sementara itu, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan kuesioner yang dibagikan kepada para jurnalis di enam stasiun televisi.
Hasilnya menunjukkan bahwa metode kerja yang berlaku pada jurnalis televisi dalam sebuah tim menuntut peran berbagai pihak. Pustakawan, ahli dokumentasi dan informasi sebagai partner atau rekan kerja amat diharapkan optimalisasi perannya. Sementara itu, sistem temu kembali informasi yang dirancang secara tepat juga mempengaruhi kinerja tim kerja tersebut. Sebagian stasiun televisi memang sudah menggunakan sistem temu kembali informasi yang memadai, namun sebagian lagi masih belum seperti yang diharapkan. Oleh karena itu, dialog mutualis dari berbagai pihak yang terlibat dalam proses penyusunan berita televisi di masa mendatang amat diharapkan demi optimalisasi peran masing-masing pihak.

 File Digital: 1

Shelf
 S 9800539_Perilaku Pencarian Informasi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S15512
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1997
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : x, 113 pages : illustration ; 28 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S15512 14-17-087248913 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20159176
Cover