UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Buletin informasi kilat PPPTMGB Lemigas sebagai sarana penyebaran informasi mutakhir bagi staf PPPTMGB Lemigas : suatu kajian terhadap keberadaan dan daya gunanya

Hadi Prijono; Sulistyo Basuki, supervisor; Urip Sutono, examiner; Pandey, R. K., editor ([Publisher not identified] , 1989)

 Abstrak

ABSTRAK
Penelitian mengenai Buletin Informasi Kilat PPPTMGB LEMIGAS terbitan periode tahun 1985 hingga tahun 1987. Selain itu, secara ringkas juga ditinjau tentang pengertian informasi dan hal lain yang terkait dengan penyebaran informasi. Tujuan pokok penelitian adalah : pertama, untuk mengetahui gambaran secara deskriptif mengenai keberadaan buletin ditinjau dari segi isi maupun fisik. Kedua, untuk membuktikan apakah materi yang dicakup memang benar mutakhir dan telah sesuai dengan kebutuhan masyarakat pemakai jasa informasi di lingkungan PPPTMGB LEMIGAS. Ketiga, untuk mengukur daya guna buletin ditinjau dari segi pemanfaatan artikel yang dicakup serta pemerataan penyebarannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditinjau dari segi urutan subjek bidang kegiatan menurut persentase jumlah artikel yang dicakup buletin, urutan teratas di duduki oleh subjek bidang eksplorasi (29%). Sementara itu, subjek bidang lingkungan hidup menempati posisi terbawah (3,79%) Selanjutnya, jika dilihat dari data kemutakhiran materi yang dicakup buletin yakni 39,35 % mutakhir, 45,16 % cukup mutakhir, dan hanya 15,48 % yang kurang mutakhir, maka dapat disimpulkan bahwa buletin informasi kilat ini cukup memenuhi syarat sebagai sarana penyebaran informasi mutakhir. Kemudian, menunjuk angka persentase pemanfaatan artikel yang tercakup buletin pada masing-masing subjek bidang kegiatan, terlihat bahwa daya guna buletin informasi kilat ini rendah. Sebagaian besar persentase pemanfaatannya, masih jauh di.bawah angka 50 %. Penyebab yang membuktikan kurang berdayagunanya buletin informasi kilat ini, diduga akibat : pertama, penyampaian artikel kepada pemakai informasi dengan jumlah yang tidak sesuai,dengan permintaan (dengan alasan untuk menghemat biaya fotokopi). Kedua, kurang cermatnya pihak pengelola informasi, dalam memilih judul majalah yang akan dicakup buletin informasi kilat, yang secara potensial berisi artikel yang paling diperlukan oleh pemakai jasa informasi. Namun jika ditinjau bahwa seluruh satuan kerja di PPPTMGB LEMIGAS telah memanfaatkan Buletin Infomnasi Kilat PPPTMGB LEMIGAS, maka tujuan dari penerbitan buletin informasi kilat ini, nampak berhasil mencapai sasaran yakni telah dijadikan media serta sumber penyebaran informasi mutakhir bagi masyarakat pemakai jasa informasi di lingkungan PPPTMGB LEMIGAS. Atas dasar hasil penelitian, nada akhir tulisan disampaikan beberapa saran dalam kaitannya untuk lebih meningkatkan kualitas dan pemanfaatan buletin. Dengan demikian, buletin termaksud diharapkan dapat didayagunakan sepenuhnya.

 File Digital: 1

Shelf
 Hadi Prijono.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S15110
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1989
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 76 pages; illustration; 28 cm. + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S15110 14-19-772601807 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20159195
Cover