UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Peranan perpustakaan sekolah dalam menunjang pelaksanaan belajar aktif studi awal di SMU MADANiA 'Boarding School' Parung, Bogor

Lira Redata; Sulistyo Basuki, supervisor; Tamara Adriani Salim, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2001)

 Abstrak

Perpustakaan sekolah merupakan bagian integral dari sekolah, yang bertujuan membantu sekolah mencapai tujuan pendidikan. Perpustakaan sekolah akan bermanfaat bila prestasi siswa tinggi dan selalu berkeinginan mengikuti perkembangan iptek. Untuk memenuhi kriteria di atas, maka hal itu sangat ditentukan oleh sistem pengajaran yang senantiasa menuntut pemanfaatan perpustakaan sekolah, yaitu sistem pengajaran dengan pendekatan belajar aktif. sistem pengajaran dengan pendekatan belajar aktif, di satu pihak menuntut guru untuk Iebih kreatif dalam melaksanakan tugas pendidikan di sekolah, di lain pihak siswa dituntut untuk dapat lebih mandiri dalam kegiatan belajar. Tentunya untuk memenuhi kedua tuntutan ini, guru dan siswa memerlukan fasilitas yang berperan menunjang pelaksanaan belajar aktif, yaitu perpustakaan sekolah. Perpustakaan sekolah dapat berperan menunjang belajar aktif melalui empat komponen yang dimilikinya, yaitu: koleksi, kegiatan dan layanan, fasilitas, serta sumber daya manusia.
SMU MADANiA adalah salah satu sekolah yang menerapkan pendekatan belajar aktif dalam kegiatan belajar mengajarnya. Oleh karena itu, perpustakaan sekolah SMU MADANiA berusaha berperan menunjang belajar aktif melalui koleksi, kegiatan dan layanan, fasilitas, serta personal yang dimilikinya. Peranan yang sudah dipenuhi oleh perpustakaan sekolah SMU MADANiA adalah sebagai sumber belajar; penyirkulasi koleksi; simbol bagi siswa untuk meraih kebebasan berbicara ; rumah yang menyediakan akses ke sumber sesuai kurikulum ; tempat ideal mengajarkan kemampuan menggunakan informasi; petunjuk, pendukung, dan kebebasan untuk mengembangkan tanggung jawab belajar; serta penyedia lingkungan belajar yang memadai.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Lira Redata.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S15575
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2001
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : viii, 113 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S15575 14-19-917726501 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20159215
Cover