UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Penggunaan, biaya dan efektivitas biaya majalah : survei penggunaan dan biaya majalah manajemen dan bisnis di perpustakaan LPPM (Lembaga Pendidikan dan Pembinaan Manajemen)

Golda Media Decembry Sibuea; Sulistyo Basuki, supervisor; Elly Julia Basri, examiner; Utami Budi Rahayu Hariyadi, examiner ([Publisher not identified] , 1996)

 Abstrak

ABSTRAK
Penelitian tentang penggunaan, biaya, dan efektivitas biaya majalah dengan menghitung frekuensi penggunaan majalah, biaya dan efektivitas biaya majalah. Penelitian ini bertujuan mengetahui besarnya frekuensi penggunaan tiap judul majalah, biaya langgan majalah selama satu tahun langgan dan efektivitas biaya majalah selama penelitian berlangsung. Penelitian ini berguna sebagai alat bantu untuk mempertimbangkan judul majalah yang akan terus dilanggan atau tidak perlu terus dilanggan dilihat dari jumlah frekuensi penggunaan dan biaya yang dikeluarkan selama satu tahun langgan. Metode yang digunakan adalah Metode Penelitian Well yang menghitung penggunaan majalah dengan perhitungan majalah yang diminati pemakai, dibaca di ruang baca, difotokopi, dan dipesan artikelnya melalui Current Contents. Majalah manajemen dan bisnis yang dianalisis penggunaannya sebanyak 99 judul. Pengumpulan data dilakukan selama bulan April 1996. Data yang dikumpulkan adalah jumlah frekuensi penggunaan majalah di ruang baca, difotokopi, jumlah artikel yang dipesan melalui current contents dan jumlah pemakai yang berminat terhadap judul majalah yang diminati, Hasilnya menunjukkan keseluruhan frekuensi penggunaan majalah selama penelitian berlangsung sebesar 2430, yang terdiri dari 1240 penggunaan majalah di ruang baca, 476 penggunaan fotokopi, 375 artikel yang dipesan melalui current contents dan 339 yang diminati oleh staf dari 99 judul majalah yang diteliti, 95 judul digunakan, 4 judul tidak digunakan sama sekali. Keempat judul yang tidak digunakan, l judul sedang dijilid, dan 3 judul merupakan majalah baru. Keseluruhan biaya yang digunakan untuk melanggan selama satu tahun langgan (1996) sebesar Rp.22.483,237,00 dan efektivitas biaya keseluruhan tiap judul majalah sebesar Rp. 214. 003,53, Penelitian ini menunjukkan dengan adanya OL penggunaan Majalah bertambah sebesar 23, 95% sehingga meningkatkan efektivitas biaya sebesar 7,38%. Dari hasil penelitian terlihat bahwa terdapat beberapa judul majalah yang kurang diminati justru membutuhkan biaya melanggan yang tinggi. Sebaiknya Perpustakaan LPPM mengadakan evaluasi penggunaan majalah terutama jurnal ilmiah yang memiliki biaya langgan tinggi dan meminta saran para staf profesional untuk berhenti melanggan majalah tersebut terutama bila perpustakaan lain yang majalahnya termasuk dalam Katalog Induk Majalah (KIM) juga melanggan judul yang lama.

 File Digital: 1

Shelf
 Golda Media Decembry Sibuea.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S15137
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1996
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xi, 100 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S15137 14-19-570041801 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20159256
Cover