UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Kajian kebutuhan informasi Staf Analis Centre for Strategic and International Studies (CSIS) sebagai pemakai perpustakaan CSIS

Sondang, Elisabeth; Peppy Yandril Anas, supervisor; Ike Iswary Lawanda, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1995)

 Abstrak

Penelitian mengenai kebutuhan informasi staf analis Centre for Strategic and International Studies (CSIS) sebagai pemakai perpustakaan CSIS telah dilaksanakan pada Bulan November 1994 sampai Januari 1995. Tujuannya adalab untuk mengetahui kebutuhan informasi staf analis CSIS dan sudut subjek dan bentuk bahan pustaka yang mereka butuhkan, serta cara pencarian informasi yang mereka lakukan di perpustakaan. Selain itu, juga ingin diketahui apakah layanan dan koleksi yang selama ini disediakan oleh perpustakaan CSIS telah memenuhi kebutuhan mereka.
Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara terhadap pustakawan perpustakaan CSIS, penyebaran kuesioner kepada staf analis CSIS dan kajian sitasi terhadap dokumen-dokumen yang dihasilkan oleh staf analis CSIS. Pelaksanaan wawancara, penyusunan dan penyebaran kuesioner, serta pelaksa_naan kajian sitasi dijelaskan.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah subjek yang dibutuhkan oleh staf analis CSIS adalah politik, pembangunan hukum, ekonomi nasional dan internasional, hubungan internasional, dan sosial budaya dengan segala aspeknya. Bentuk bahan pustaka yang paling disukai menurut jawaban mereka dalam kuesioner adalah buku (36%) dan majalah (20%).
Sedangkan berdasarkan kajian sitasi didapatkan hasil yang hampir sama yaitu buku (36,4%) dan majalah (28,3%). Staf analis CSIS ternyata menggunakan alat bantu untuk memperoleh Informasi, terutama daftar pustaka dan rujukan dalam buku dan artikel majalah, katalog perpustakaan dan tinjauan buku. Dan selain menggunakan perpustakaan CSIS, mereka juga menggunakan perpustakaan lain, terutama PDII-LIPI dan perpustakaan USIS (ACC Library).
Staf analis CSIS menganggap layanan yang disediakan oleh perpustakaan CSIS cukup memuaskan. Koleksi perpustakaan CSIS yang berbentuk majalah dan surat kabar sudah dapat memenuhi kebutuhan informasi mereka, tetapi untuk buku yang merupakan bentuk bahan pustaka yang paling dibutuhkan, drasakan masih belum memenuhi kebutuhan informasi mereka.

 File Digital: 1

Shelf
 Elisabeth Sondang.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S15262
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1995
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xii, 80 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S15262 14-19-363103710 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20159281
Cover