UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Persepsi wartawan Bisnis Indonesia terhadap layanan intranet pangkalan data berita surat kabar Bisnis Indonesia di Perpustakaan Bisnis Indonesia

Prih Erwan Sujadi; Siti Sumarningsih, supervisor; Anon Mirmani, supervisor; M. Suprayogi, examiner ([Publisher not identified] , 1999)

 Abstrak

ABSTRAK
Pengembangan pangkalan data di perpustakaan dimaksudkan agar temu kembali informasi menjadi lebih cepat, mudah dan sistematis. Berbagai kemudahan penelusuran dan peningkatan akses serta temu kembali informasi yang cepat yang ditawarkan oleh kemajuan teknologi informasi belum tentu memberikan penerimaan yang positif bagi pemakai. Semua fasilitas yang ditawarkan perlu dievaluasi berdasarkan persepsi pemakai terhadap fasilitas pangkalan data.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan memberikan gambaran persepsi dan harapan wartawan Bisnis Indonesia terhadap layanan intranet pangkalan data berita surat kabar Bisnis Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survai dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data yang pokok. Aspek-aspek yang ditanyakan antara lain adalah: kemudahan penggunaan, jumlah komputer, letak komputer, strategi penelusuran, pilihan akses, tampilan layar, kenyamanan, kecepatan temu kembali, keefektifan penelusuran, komunikasi antara staf perpustakaan dengan responden, peran staf, promosi, kehandalan, kesenangan, tingkat kesuksesan, kepuasan, tampilan hasil penelusuran, ketepatan temu kembali, dan penilaian layanan intranet secarea umum dan yang terakhir aspek harapan.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa secara umum persepsi terhadap aspek-aspek yang ditanyakan adalan positif. Layanan intranet pangkalan data berita surat kabar Bisnis Indonesia ini mudah digunakan, meningkatkan kecepatan akses dan temu kembali serta memberikan layanan yang baik. Dari 20 aspek yang diteliti, kecenderungan persepsi negatif hanya terdapat pada aspek letak komputer dan aspek kenyamanan dalam menggunakan layanan intranet. Harapan terbanyak adalah dapat mengakses layanan intranet ini dari komputer wartawan masing-masing, disusul dengan peningkatan akses penelusuran dan harapan terbanyak ketiga adalan perbaikan letak komputer yang digunakan untuk mengakses.

 File Digital: 1

Shelf
 S 9901444_Persepsi Wartawan Terhadap.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S15410
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1999
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resources
Deskripsi Fisik : vii, 99 pages: illustration; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S15410 14-19-789768533 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20159294
Cover