UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Anggapan pemakai terhadap layanan CD-ROM di High School-Library Media Center Jakarta International School : suatu studi kasus

Kris Winarto; Karmidi Martoatmodjo, supervisor; Yohanes Sumaryanto, examiner ([Publisher not identified] , 1995)

 Abstrak

ABSTRAK
Penelitian mengenai penggunaan layanan CD-ROM berdasarkan pada anggapan pemakai di perpustakaan tersebut telah dilakukan tanggal 24 April sampai 9 Mei 1995. Tujuannya ialah untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemanfaatan layanan CD-ROM oleh Siswa HS-JS sebagai salah satu sarana simpan dan temu kembali informasi hasil dari perkembangan teknologi informasi mutakhir bidang perpustakaan dan informasi.
Penelitian deskriptif analisis ini menggunakan metode pengumpulan data lewat kuesioner yang disebarkan kepada pemakai dan wawancara secara informal terhadap pustakawan dan pemakai.
Hasilnya ialah hampir seluruh pemakai (92,8 %) mengetahui adanya layanan ini dan lebih dari separuhnya (52%) menyatakan bahwa CD-ROM menyediakan informasi yang diinginkan bahkan lebih, sedangkan 36,8 % menyatakan hanya sebagian saja.
Pangkalan data ensiklopedia dan atlas menunjukkan jumlah terbanyak pemakainya, diikuti oleh indeks/abstrak majalah, sedangkan kamus paling sedikit pemakainya.
CD-ROM dapat menyediakan informasi dengan cepat merupakan alasan utama penggunaan layanan ini. 36,8 % mengalami kesulitan menggunakannya karena informasi di dalamnya terlalu banyak sehingga membingungkan. 56 % pemakai mampu menelusur informasi sendiri. Terdapat 85,6% responden mampu menelusur kurang dari 15 menit, 50,4% diantaranya bahkan kurang dari 6 menit. Dari segi ketersediaan koleksi 58,4% menyatakan tidak selalu ada di perpustakaan, namun 33,6 % menyatakan selalu ada. Secara keseluru-han pemakai merasa puas terhadap adanya layanan CD-ROM ini.
Saran yang diberikan ialah agar pepustakaan tetap dan lebih giat lagi melakukan pengajaran dan promosi penggunaan CD-ROM, menambah lagi jumlah stasiun kerja dan title baru serta jumlah pustakawan yang khusus menangani layanan CD-ROM. (KW).

 File Digital: 1

Shelf
 Kris Winarto.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S15467
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1995
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xii, 90 pages : illustration. ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S15467 14-19-487524156 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20159364
Cover