UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pembinaan koleksi Perpustakaan Sekolah Menengah Umum (SMU) : studi di 31 Perpustakaan SMU di Jakarta Pusat

Lina Yuliani; Putu Laxman Sanjaya Pendit, supervisor; Karmidi Martoatmodjo, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1995)

 Abstrak

Penelitian tentang pembinaan koleksi perpustakaan SMU di 31 perpustakaan SMU di Jakarta Pusat dilakukan pada bulan Desember 1994 hingga Februari 1995. Tujuannya ialah untuk mengidentifikasi kegiatan_kegiatan dan masalah-masalah yang tunbul dalam membina koleksi perpustakaan SMU. Selain itu juga untuk mengidentifikasi usaha-usaha yang dilakukan dalam membina koleksi perpustakaan SMU di Jakarta Pusat.
Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan dibagikan langsung pada responden. Terdapat 62 responden yang terdiri atas Kepala Sekolah dan staf perpustakaan SMU yang bersangkutan. Data juga didukung dengan sedilcit wawancara dan pengamatan langsung terhadap pembinaan koleksi dan keadaan perpustakaan. Data yang terkumpul diolah dengan tabulasi frekuensi berjumlah 22 tabel. Data disajikan dalam bentuk tabel, kemudian dianalisa guna pengambilan kesimpulan dengan rumus persentase dan parameter untuk penafsiran nilai persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan koleksi perpustakaan SMU di Jakarta Pusat dapat dikatakan baik. Hal ini disebabkan oleh tingginya kualitas pembinaan koleksi perpustakaan SMU swasta. Sedangkan pembinaan koleksi perpustakaan SMU Negeri masih perlu ditingkatkan.
Tinggi rendahnya kualitas pembinaan koleksi perpustakaan SMU tersebut terutama disebabkan karena perbedaan masalah dana dan staf perpustakaan. Jika dana dan staf perpustakaannya cukup tersedia maka pembinaan koleksi dapat berjalan dengan lancar.
Untuk membina koleksi perpustakaan SMU ini beberapa usaha telah dilakukan, yaitu : Dari pemerintah : mengadakan program pelatihan ketenagaan yang mengelola perpustakaan SMU, menerbitkan dan mendistribusikan buku Pedoman teknis penyelenggaraan perpustakaan sekolah, melakukan pembinaan koleksi perpustakaan sekolah secara rutin. Dari pihak sekolah : meningkatkan pembelian, dan mengadakan kontak dengan berbagai penerbit, lembaga pemerintah, maupun swasta untuk menyumbang terbitan baru mereka, berusaha agar koleksi perpustakaan sesuai dengan kurikulum SMU.

 File Digital: 1

Shelf
 Lina Yuliani.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S15499
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1995
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : viii, 71 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S15499 14-19-258994333 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20159374
Cover